MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SEBAGAI PENDORONG KREATIVITAS ANAK DI SANGGAR TARI NITASWADIRI SIDOARJO
COOPERATIVE LEARNING MODEL AS A CREATIVITY DRIVERS IN CHILDREN'S CREATIVITY AT NITASWADIRI DANCE SCHOOL SIDOARJO
Sanggar Tari Nitaswadiri adalah sanggar tari yang berada di Kabupaten Sidoarjo dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif yang digunakan dalam pembelajaran tari di Sanggar Tari Nitaswadiri telah membawa sanggar dalam pencapaian prestasi belajar dengan baik. Tujuan penulisan ini (1) mendeskripsikan proses pembelajaran kooperatif di Sanggar Tari Nitaswadiri (2) mengkaji kreativitas yang dihasilkan dalam proses pembelajaran kooperatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, serta dokumentasi. Objek penelitian adalah pembelajaran tari secara kooperatif di Sanggar Tari Nitaswadiri. Teknik analisis data menggunakan empat tahap yaitu, pengumpulan, penyederhanaan, penyajian dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, model pembelajaran kooperatif dalam latihan tari kelompok dilakukan pada setiap pertemuan. Hasil latihan tari kelompok dapat meningkatkan kemampuan kognitif, psikomotorik dan afektif peserta sanggar dalam menjalani aktivitas sehari-hari untuk mendorong kreativitas serta kekompakan siswa di Sanggar Tari Nitaswadiri melalui rangkaian pembelajaran tari yang telah diberikan. Praktek tari secara berkelompok juga dilakukan bersama evaluasi secara kelompok. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif di Sanggar Nitaswadiri menghasilkan kreativitas para peserta sanggar dalam membuat dan mengkreasikan pola lantai serta gerak dalam suatu tarian yang menggunakan koreografi kelompok.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Kreativitas, Sanggar Tari Nitaswadiri
Nitaswadiri Dance Studio is a dance studio located in Sidoarjo Regency by applying a cooperative learning model. The cooperative learning model used in dance learning at the Nitaswadiri Dance Studio has brought the studio to good learning achievement. The purpose of this paper (1) is to describe the cooperative learning process at the Nitaswadiri Dance Studio (2) to examine the creativity produced in the cooperative learning process. This research uses a qualitative approach with interview, observation, and documentation data collection techniques. The object of research is cooperative dance learning at the Nitaswadiri Dance Studio. The data analysis technique uses four stages, namely, collection, simplification, presentation and drawing conclusions. Based on the results of research and discussion, cooperative learning models in group dance exercises are carried out at each meeting. The results of group dance training can improve the cognitive, psychomotor and affective abilities of studio participants in carrying out daily activities to encourage creativity and student cohesiveness at the Nitaswadiri Dance Studio through a series of dance lessons that have been given. The practice of dance in groups is also carried out together with group evaluations. Thus the cooperative learning model at the Nitaswadiri Studio produces the creativity of the studio participants in making and creating floor patterns and movements in a dance using group choreography.
Keywords: Cooperative Learning, Creativity, Nitaswadiri Dance Studio