CAPTION AS A TEXT TO PROMOTE STUDENTS’ CRITICAL THINKING IN READING COMPREHENSION OF SENIOR HIGH SCHOOL
Akhir-akhir ini, teks caption menjadi teks terbaru dalam kurikulum 2013 yang mengharapkan siswa kelas 12 pada sekolah menengah atas untuk dapat menggunakan pemikiran kritis mereka dalam memahami dan menulis makna tersirat dari teks caption. Oleh karena itu, penelitian fenomenologis ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena naturalistik yang berkaitan dengan implementasi teks caption sebagai teks yang dapat mendukung pemikiran kritis siswa dalam memahami makna tersirat dari sebuah caption, hasil kerja siswa, dan respon mereka. Subjek berjumlah 30 siswa dan seorang guru Bahasa Inggris. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi, mengumpulkan karya siswa, dan melakukan wawancara semi-terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pelatihan baru yang diberikan oleh guru untuk mendukung pemikiran kritis siswa. Begitu juga, para siswa memberikan penjelasan singkat di luar gambar dengan baik dan mereka merespon bahwa metode dan pelatihan guru berhasil mendukung pemikiran kritis mereka dalam mempelajari teks caption. Dengan demikian, implementasi teks caption dapat mendukung pemikiran kritis siswa dalam memahami makna teks yang tersirat. Kata Kunci: pemahaman membaca, teks caption, pemikiran kritis.
Lately, caption text becomes the newest text in the 2013 curriculum which expects 12th-grade students in senior high school to be able to use their critical thinking in understanding and writing the implied meaning of the caption text. Therefore, this phenomenological research aims to describe naturalistic phenomena related to the implementation of caption text as a text that can promote students' critical thinking in understanding the implied meaning of a caption, students' works, and their responses. The subjects were 30 students and an English teacher. The data were collected by conducting observation, collecting students’ works, and conducting the semi-structured interviews. The results showed that there are new treatments given by the teacher to promote students’ critical thinking. The students give a brief explanation beyond the picture well and they respond that teachers' methods and training succeeded in promoting their critical thinking in learning caption texts. Thus, the implementation of caption texts can promote students' critical thinking in understanding the implied meaning of the caption. Keywords: Reading comprehension, caption text, critical thinking.