Analisis Objek Visual dan Isi Karya Lukisan S. Pandji Tahun 2017-2019
Analysis of Visual Objects and Contents of S. Pandji's Paintings in 2017-2019
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah ketertarikan penulis untuk mendeskripsikan kesenimanan S. Pandji serta menganalisis objek visual dan isi yang terdapat pada karya lukis nya. Karya-karya seni lukis S Pandji memadukan gaya surealisme dengan tema budaya spiritual Jawa yang sarat akan nilai-nilai luhur menciptakan sebuah karya yang menarik minat peneliti untuk meneliti karya-karyanya sebagaimana dapat dilihat pada karyanya dari tahun 2017 hingga 2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mencapai validitas data digunakan triangulasi data. Analisis objek visual pada penelitian ini menggunakan metode hermeneutika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) S. Pandji adalah seorang pelukis otodidak dan sekaligus seorang pengembang perumahan di Surabaya. S. Pandji memiliki banyak prestasi dan riwayat pameran baik pameran tunggal maupun pameran bersama. (2) Bentuk lukisan S Pandji adalah bentuk-bentuk arca dengan latar belakang sejarah budaya spiritual Jawa. Sedangkan isi lukisan S Pandji memiliki nilai filosofis mendalam terhadap simbol dari peninggalan sejarah maupun pada mitos dan cerita legenda yang ada di masyarakat. Dalam mencipta, ide dalam karya-karya S. Pandji terpengaruh gagasan Michelangelo. Kalau Michaelangelo mengambil inspirasi dari Alkitab dan budaya spiritual barat maka S. Pandji menemukan ide penciptaan dari Kitab Negarakertagama, Kitab Pararaton, dan budaya spiritual Jawa.
Keywords: Seni Lukis S. Pandji, Sejarah Budaya Jawa, Analisis Visual Lukis , Arca
Abstract
The background of this research is the writer's interest in describing the artistry of S Pandji and analyzing the visual objects and content contained in his paintings. S Pandji's works of art combine the surrealist style with the theme of Javanese spiritual culture which requires noble values to create a work that attracts researchers to examine his works as can be seen in his work from 2017 to 2019. This study uses a descriptive method. qualitative, data collection is done by observation, interviews, and documentation. To achieve data validity, data triangulation was used. The analysis of visual objects in this study uses the hermeneutic method. The results of this study indicate that: (1) S Pandji is a self-taught painter as well as a housing developer in Surabaya. S Pandji has many achievements and history of exhibitions, both solo exhibitions and joint exhibitions. (2) The forms of S Pandji's paintings are the forms of statues with a historical background of Javanese spiritual culture, while the contents of S Pandji's paintings have deep philosophical values towards symbols from historical relics as well as myths and legends that exist in the community. The idea of creating the works of S. Pandji was influenced by Michelangelo's ideas. If Michelangelo took inspiration from the Bible and western spiritual culture, S Pandji found the idea of creation from the Negarakertagama book, Pararaton and Javanese spiritual culture.
Keywords: S. Pandji Painting, Javanese Cultural History, Visual Analysis of Painting, Arca