Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Model Pembelajaran Pemaknaan Pada Materi Suhu dan Kalor
The Development of Science Learning Tools Based on Meaning Learning Models on Temperature and Heat Material
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA berbasis model pembelajaran pemaknaan yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan 5 tahap dari model ADDIE, yaitu Tahap Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation),Evaluasi (Evaluation), Pada tahap pengembangan yang dilaksanakan di kelas VII MTs Nurul Huda Surabaya tahun ajaran 2022-2023 dengan One Group pre-test and post test desaign. Pengumpulan data menggunakan metode validasi, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) validitas perangkat pembelajaran dikategorikan valid, 2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran pemaknaan ditinjau dari Keterlaksanaan RPP dikategorikan praktis dan terlaksaana sesuai tahap-tahap model pembelajaran pemaknaan, dan 3) Keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari hasil belajar siswa dari ketercapaian kompetensi dengan rata-rata hasil belajar aspek pengetahuan kelas A 0.82, B 0.85, C 0,84 dengan kategori baik, dan hasil sikap yang terlihat setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran pemaknaan 6 aspek sikap Beriman Kepada Allah SWT, rasa ingin tahu, jujur, rendah hati, gotong royong dan kreatif dengan rata-rata Kelas A 0,84, B 0,94, C 0,8.Pengembagan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Model Pembelajaran Pemaknaan Pada Materi Suhu dan Kalor layak digunakan dalam proses pembelajaran.
This research aims to develop science learning tools based on valid, practical and effective meaning learning models. This research was carried out using 5 stages of the ADDIE model, namely the Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation stage, In the development tap carried out in class VII MTs Nurul Huda Surabaya for the 2022-2023 academic year with One Group pre-test and post-test design. The data collection used validation method, observation, test and questionnaire. Data analysis techniques use quantitative descriptive analysis. The results showed: 1) the validity of learning tools is categorized as valid, 2) the implementation of learning using the meaning learning model in terms of the implementation of RPP is categorized as practical and implemented according to the stages of the meaning learning model, and 3) The effectiveness of learning tools in terms of student learning outcomes from the achievement of competence with the average learning outcomes of aspects of class A knowledge 0.82, B 0.85, C 0.84 with good categories, and the results of attitudes seen after learning using the learning model of meaning 6 aspects of attitude Faith in Allah SWT, curiosity, honesty, humility, mutual assistance and creativity with an average of Class A 0.84, B 0.94, C 0.8 The development of Science Learning Tools Based on Meaning Learning Models on Temperature and Heat Material is suitable for use in the learning process