Collaboration between parents and teachers in improving the mathematics learning outcomes of blind students
Anak tunanetra memiliki hambatan dalam penglihatannya. Untuk membantu anak tunanetra dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran, salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan melaksanakan kerjasama yang dilakukan oleh orang tua dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pentingnya kerjasama yang dilakukan oleh orangtua dan guru dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik tunanetra. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan menganalisis artikel-artikel yang berkaitan dengan judul penelitian. Sumber data penelitian diperoleh dari kumpulan buku dan artikel ilmiah yang terdapat didalam jurnal yang sesuai dengan topik pembahasan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil analisis dengan penelitian jenis Action Research yang menunjukan adanya peningkatan hasil tahapan terakhir dengan rata-rata keberhasilan sebesar 50%. Pada jenis penelitian Studi Pustaka menunjukan bahwa kerjasama yang dilakukan orang tua dan guru mampu menunjukan adanya peningkatan hasil belajar terhadap peserta didik. Kesimpulan dari hasil analisis data adalah pelaksanaan kerjasama yang dilakukan oleh orang tua dan guru memiliki dampak yang positif serta dapat menjadi salah satu strategi dan peran yang penting untuk membantu dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada peserta didik tunanetra.
Blind children have visual impairments. To help blind children achieve success in learning, one way that can be used is to carry out collaboration between parents and teachers. This study aims to analyze the importance of collaboration between parents and teachers in improving the mathematics learning outcomes of blind students. This study uses the literature review method by analyzing articles related to the research title. Sources of research data are obtained from a collection of books and scientific articles contained in journals that are in accordance with the topic of discussion. Data analysis in this study used a quantitative approach. The results of the analysis with the type of Action Research show that there is an increase in the results in the last stage with an average success of 50%. In this type of research, the Library Study shows that the collaboration between parents and teachers is able to show an increase in learning outcomes for students. The conclusion from the results of the data analysis is that the implementation of collaboration by parents and teachers of collaboration carried out by parents and teachers has a positive impact, this is also one of the strategies and an important role to assist in improving the mathematics results of blind students.