Penerapan LKS Berbasis PhET untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa pada Materi Arus Listrik Bolak Balik
Application of PhET-Based Worksheets to Reduce Students Misconceptions About Alternating Electric Current
Miskonsepsi masih sering terjadi pada siswa khususnya pada pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan menerapkan LKS dengan menggunakan program simulasi PhET untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi arus bolak balik. Jenis penelitian adalah pre-eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Responden penelitian terdiri dari tiga kelas yaitu XII MIPA 1, XII MIPA 2, dan XII MIPA 6 dengan jumlah siswa pada masing-masing kelas 36 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes awal sebelum pembelajaran dimulai dan tes setelah melakukan pembelajaran dengan instrumen tes berupa soal miskonsepsi four-tier. Teknik analisis penurunan miskonsepsi menggunakan uji T berpasangan dan N-gain. Hasil penelitian menunjukan siswa yang mengalami peningkatan pemahaman konsep yang menyebabkan penurunan miskonsepsi untuk ketiga kelas adalah 0,7944; 0,6819; 0,8421 dengan kategori cenderung tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan LKS berbasis PhET dapat digunakan untuk mereduksi miskonsepsi siswa
Kata kunci: Miskonsepsi, Arus Listrik Bolak Balik, LKS Berbasis PhET
Misconceptions still often occur in students, especially in physics. This study aims to apply LKS using the PhET simulation program to reduce students’ misconceptions about alternating current concepts. The type of research is pre-experimental with one group pretest-posttest design. Research respondents consisted of three classes, namely XII MIPA 1, XII MIPA 2, and XII MIPA 6 with 36 students in each class. The data collection method uses an initial test before learning begins and a test after learning with a test instrument in the form of four tier misconceptions. The analysis technique for reducing misconceptions uses paired T-test and N-gain. The results showed that students who experienced an increase in conceptual understanding that caused a decrease in misconceptions for the three classes were 0,7944; 0,6819; 0,8421 with a category that tends to be high. Based on the results obtained, it can be concluded that the application of PhET-based worksheets can be used to reduce students’ misconceptions.
Keywords : Misconception, Alternating Current, PhET Simulation-based worksheets