Pengujian kendaraan bermotor sangat penting untuk menciptakan transportasi yang aman, nyaman, cepat, lancar, dan tertib saat dijalan serta untuk memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan. Pengujian kendaraan bermotor sebagai pelayanan publik harus mampu memberikan pelayanan yang optimal dan fasilitas pendukung yang baik untuk pelayanan publik. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan pengujian kendaraan untuk meningkatkan kepuasan pengguna jasa.
Penelitian ini dilakukan terhadap 199 pengguna jasa menggunakan metode wawancara single random sampling. Data yang diperoleh kemudian akan diolah dengan menggonakan metode Importance Performace Analysis. Dari analisa tersebut didapatkan tingkat kesesuian kinerja dan harapan pengguna jasa adalah 87,67% termasuk dalam kategori tingkat kesesuaian tinggi, maka kinerja pelayanan pengujian kendaraan sudah sesuai dengan harapan pengguna jasa. Sedangkan untuk tingkat kepuasan pelanggan adalah 73,54% termasuk dalam kategori tingkat sedang. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan indikator yang perlu dilakukan perbaikan adalah sirkulasi keluar masuk pengujian, jam operasional yang tepat waktu, petugas memberikan pelayanan dengan cepat, waktu tunggu pengujian dan waktu tunggu terkait pengumuman hasil uji.
Kata kunci : importance performance analysis, kualitas pelayanan, pengujian kendaraan bermotor.
Testing of motor vehicle is very important for create safe, comfortable, fast, quickly, and orderly transportation, while on the road to fill up technical and roadworthy requirements. Testing of motor vehicle as public service must be able to prove optimal services and good supporting facilities for public service. The purpose of this study is to determine the quality of vehicle testing service to improve servise user satisfaction.
This research was conducted on 199 users using a single random sampling interview method. The data processed by using the importance performance analysis method. From the analysis was found the level of conformity of performance and expectation user was 87,67%, included in category of high suitability level, the performance of vehicle testing services was in line with expectations of user. While the level of customer satisfaction is 73,54% include in medium level category. To improve the quality of service indicator that need to improved is the circulation of check-in and out, timely operating hours, officers providing services quickly, testing waiting, and waiting time announcement of test result.
Keyword : Importance Performance Analysis, service quality, motor vehicle testing