ABSTRAK
Haryadi, Agus. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Pembelajaran Problem Solving dengan Strategi Brain Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Si dan (II) Prof. Dr. Hj. Rudiana Agustini, M.Pd.
Kata Kunci : perangkat pembelajaran, problem solving, brain based learning, keterampilan berpikir kritis.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Fisika model pembelajaran Problem Solving dengan strategi Brain Based Learning yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4D dan diujicobakan pada kelas XA dan XB SMA Jati Agung Sidoarjo pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Ujicoba perangkat pembelajaran menggunakan rancangan One-Group Pre-test-Post-test Design. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif dan uji statistik parametrik. Simpulan dari hasil penelitian adalah perangkat pembelajaran model pembelajaran Problem Solving dengan strategi Brain Based Learning yang dikembangkan layak untuk meningkatkan berpikir kritis siswa ditinjau dari perangkat yang dikembangkan dinyatakan sangat valid, Perangkat dinyatakan praktis ditinjau dari penilaian keterlaksanaan berkategori baik, aktivitas siswa berkategori baik, dan disusunnya solusi alternatif atas kendala yang ditemukan, Perangkat dinyatakan efektif ditinjau dari rata-rata N-Gain berkategori tinggi dan tidak berbeda antara 2 kelompok, meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa, dan respon siswa berkategori sangat baik.
ABSTRACT
Haryadi, Agus. 2019. Development of Learning Set’s in Problem Solving Learning Model with Brain Based Learning Strategy to Improve High School Student Critical Thingking Skills. Thesis, Department of Science Education, Master Program State University of Surabaya. Advisor (1st) Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Si and (2nd) Prof. Dr. Hj. Rudiana Agustini, M.Pd.
Keywords : set’s, learning, problem solving, brain based learning, critical thinking skills.
This research aims to produce physics learning set’s with valid, practical, and effective of problem solving model with Brain Based Learning strategy to improve high school student critical thinking skills. Learning set’s developted using 4D model and tested on XA and XB students Jati Agung High School Sidoarjo in even semester 2018/2019 school year. The learning set’s test used the One-Group Pre-test-Post-test Design. Data collections techniques used observation methods, tests, and questions. Data analysis techniques used quantitative, qualitative and nonparametric statistical analysis. The conclusion of the research is learning set’s with the problem solving learning model with brain based learning strategies developed is feasible to improve students' critical thinking in terms of the developed set’s stated to be very valid, set’s declared practical in terms of feasibility assessment good categories, student activities are good categories, and alternative solutions have been compiled for the constraints found, the set’s is declared effective in terms of the high N-Gain average, increasing students 'critical thinking abilities, and students' responses are categorized very well.