Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran dengan mengoptimalkan kegiatan 3R yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar, (2) mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran dengan mengoptimalkan kegiatan 3R untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Perangkat pembelajaran dengan mengoptimalkan kegiatan 3R divalidasi oleh ahli di bidangnya. Hasil validasi menyatakan bahwa perangkat pembelajaran dinyatakan valid dan dapat diterapkan pada kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang telah divalidasi kemudian diujicobakan pada siswa kelas IV SDN Wonokusumo I/40 Surabaya.
Hasil uji skala luas menunjukkan bahwa (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan kategori sangat valid, (2) Perangkat pembelajaran praktis berdasarkan keterlaksanaan RPP dengan kategori sangat baik dan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, (3) Perangkat pembelajaran dinyatakan efektif berdasarkan respon baik yang diberikan siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan mengoptimalkan kegiatan 3R dinyatakan layak digunakan dilihat dari segi validitas, kepraktisan, dan keefektifan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar.
This study aims to (1) produce learning instructional by optimizing 3R activities that is valid, practical, and effective to increase learning outcome of fourth grade students in elementary school, (2) describe the validity, practicality, and effectiveness of learning instructional by optimizing 3R activities to increase student’s learning outcome.
This research is a study of the development learning’s instructional using the 4-D development model. It optimize 3R activities and was validated by experts in their fields. The validation results state that learning instructional declared valid and can be applied on learning process. The validated learning instructional was implemented on fourth grade students at SDN Wonokusumo I/40 Surabaya.
The results of wide scale implementation show that (1) The learning instructional developed get very valid category, (2) Practical learning instructional based on the feasibility of lesson plans with very good category and students were very active in learning process, (3) Learning instructional are declared effective based on good respon given by students and completeness of student’s learning outcome.
Thus it can be concluded that learning instructional by optimizing 3R activities was feasible to use based on validity, practicality, and effectiveness to increase student’s learning outcome on fourth grade of elementary school.