E-Canteen Special Services in Increasing Student's Digital Quotients
Sistem pelayanan manual dari beberapa kantin sekolah cenderung bermasalah karena menimbulkan antrian, kesalahan, dan ketidaksesuaian pesanan sehingga tidak memenuhi standar kualitas layanan khusus sekolah pada era pendidikan 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan terkait efektivitas layanan khusus kantin digital (e-canteen) dalam meningkatkan digital quotient siswa. Penulisan artikel ini menggunakan metode literature review yang mencakup langkah identifikasi, evaluasi, dan sintesis terhadap temuan-temuan terdahulu. Adapun analisis isi dalam penelitian ini digunakan untuk menganalisa secara mendalam data penelitian baik informasi tertulis maupun yang tercetak dalam media masa. Langkah-langkah analisis isi diawali dengan perumusan masalah penelitian, penentuan metode dan desain penelitian, pencarian data pokok dari temuan terdahulu, dan mengaitkan pengetahuan kontekstual dengan faktor-faktor lain. Berdasarkan kajian pustaka diperoleh kesimpulan hasil bahwa e-canteen menjadi aplikasi kantin dengan basis digital yang tidak sekedar menanamkan pembiasaan pola hidup sehat sekaligus menstimulus siswa untuk mengembangkan digital quotient dengan penggunaan teknologi digital e-canteen. Siswa tidak sekedar cakap mengoperasikan namun juga memanfaatkan dengan baik dan benar didukung dengan infrastruktur yang memadai dapat mewujudkan pembiasaan siswa pada pelayanan kantin sehat dan peningkatan kecerdasan digital siswa sehingga membawa pengembangan berkelanjutan dan meningkatkan kualitas sekolah dan lulusannya. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi e-canteen dalam layanan khusus sekolah cukup efektif dalam meningkatkan digital quotient siswa.
Kata Kunci: E-canteen, Digital quotient, Layanan Khusus
The school canteen manual service system can cause queues, errors, and mismatches of orders so that it does not meet the quality standards of special school services in the education era 4.0. This study aims to analyze the effectiveness of special digital canteen (e-canteen) services in increasing students' digital quotient. The writing of this article uses the literature review method which includes the steps of identification, evaluation, and synthesis. The content analysis in this study is used to analyze in-depth research data both written and printed information in the mass media. The content analysis steps begin with the formulation of the research problem, the determination of the research method and design, the search for main data from previous findings, and linking contextual knowledge with other factors. Based on the literature review, the conclusion is that e-canteen is a canteen application on a digital basis that does not only instill a habit of healthy living habits as well as stimulate students to develop digital quotient with the use of digital e-canteen technology. Students are not only competent to operate but also make good use of it and properly supported by adequate infrastructure can create student habituation to healthy canteen services and increase student digital intelligence so as to bring sustainable development and improve the quality of schools and graduates. Therefore, the use of the e-canteen application in school-specific services is quite effective in increasing students' digital quotient.
Keywords: E-canteen, Digital quotient, Special Services