Hasil penelitian PISA menunjukkan bahwa tingkat literasi sains peserta didik Indonesia masih rendah. Hal tersebut didukung dengan data hasil prapenelitian di SMAN 1 Krian diketahui bahwa sebanyak 18,51% siswa memiliki tingkat literasi sains yang baik dan 81,49% lainnya memiliki tingkat literasi sains yang masih rendah. Menurut Hendry, mengungkapkan bahwa pendekatan pembelajaran yang paling tepat untuk membangun literasi sains peserta didik adalah problem solving, inquiry, dan discovery. Sehingga diperlukan suatu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis guided discovery untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan (validitas, kepraktisan, dan keefektivan) LKPD berbasis guided discovery untuk melatihkan literasi sains pada materi asam basa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi isi dan konstruk, lembar respon siswa, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan (validitas, kepraktisan, keefektidan) LKPD yang dikembangkan : (1) Validitas yaitu validitas isi dan konstruk didapatkan kriteria sangat valid dengan rentang persentase antara 83,4%-86,7% pada semua aspek dalam lembar validasi LKPD; (2) Kepraktisan meliputi aktivitas dan respon peserta didik. Pada aktivitas didapatkan kriteria sangat praktis dengan rentang persentase 91,67%-100%. Pada respon peserta didik didapatkan kriteria praktis dan sangat praktis dengan rentang persentase 66,7%- 100%; (3) Keefektifan meliputi tes hasil belajar peserta didik dan tes literasi sains peserta didik. Pada tes hasil belajar, semua peserta didik dinyatakan tuntas dengan rentang nilai 80-100. Pada tes literasi sains, mendapatkan nilai N-gain dengan rentang 0,8-1 dengan kriteria gain score berada pada kriteria tinggi.
Kata kunci: Guided Discovery, Literasi Sains, Asam basa.
The results of the PISA indicate that the level of scientific literacy of Indonesian students is still low. This is supported by pre-research data at SMAN 1 Krian. It is known that as many as 18.51% of students have a good level of scientific literacy and 81.49% have a low level of scientific literacy. According to Hendry, revealed that the most appropriate learning approach to developing students' scientific literacy is problem solving, inquiry, and discovery. So that we need a Student Activity Sheet based on guided discovery to improve students' scientific literacy. The purpose of this study was to analyze the feasibility (validity, practicality, and effectiveness) of SAS based on guided discovery to train scientific literation in acid-base material. The type of research used in this study is research and development (Research and Development / R & D). The instruments used in this study were the contents and construct validation sheets, student response sheets, student activity observation sheets, and the pretest-posttest sheet. The results showed that the feasibility (validity, practicality, and effectiveness) of the SAS : (1) The validity of content and construct validity obtained very valid criteria with a percentage range between 83.4% -86.7% in all aspects in the LKPD validation sheet; (2) Practicality includes the activities and responses of students. In the activity obtained very practical criteria with a percentage range of 91.67% -100%. In the response of students, practical and very practical criteria were obtained with a percentage range of 66.7% -100%; (3) Effectiveness includes tests of student learning outcomes and students' scientific literacy tests. In the learning outcomes test, all students are declared complete with a value range of 80-100. In the scientific literacy test, getting the N-gain value with a range of 0.8-1 with the gain score criterion is at high criteria.
Keywords: Guided Discovery, Science Literacy, Acid base