ANALISIS MARKETING MIX 4P DALAM PERSPEKTIF ISLAM
(Studi Kasus Butik Omyka Collection)
ANALYSIS OF MARKETING MIX 4P IN ISLAMIC PERSPECTIVE (Case Study Boutique Omyka Collection)
Aktivitas usaha ataupun disebut berbisnis diartikan sebagai kegiatan pemenuhan kebutuhan serta keinginan dari banyak orang, lembaga, dan publik dalam artian luas. Dalam upaya pemenuhan hal yang dibutuhkan serta diinginkan oleh pelanggan juga daam upaya peningkatan volume aktivitas penjualan, entitas atau perusahaan umumnya memerlukan sebuah konsep pemasaran secara terintegrasi ataupun dikenal dengan istilah bauran pemasaran atau (marketing mix). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis marketing mix 4P dalam perspektif islam di Butik Omyka Collection. Metode Penelitian yang dijalankan dalam kegiatan penelitian ini yakni metode kualitatif deskriptif. Adapun teknik dalam mengumpulkan data dalam kegiatan penelitian menggunakan sesi wawancara serta dokumentasi. Objek penelitian adalah Omyka Collection sebagai sumber data primer. Merujuk pada hasil serta pemaparan yang dikemukakan yang mana dapat ditarik kesimpulan bahwa Strategi dalam bauran pemasaran (marketing mix) yang dilakukan pihak Omyka Collection di Kota sidoarjo terkait produk yang ditawarkan dinilai selalu update dan mengikuti tren dan selera pasar serta relevan dengan segmentasi pasar. Kemudian, dilihat melalui sisi penetapan harga dinilai sesuai dengan kualitas dan mutu dari komposisi produk dimana bahan bagus maka harga yang ditawarkan semakin naik. Pada aspek tempat atau distribusi dalam upaya pemasaran produk yang dinilai lebih mengedepankan lokasi atau wilayah yang dinilai strategis serta mudah dijakngkau oleh para pelanggan. Selanjutnya melalui aktivitas promosi yang dijalankan dinilai telah optimal dalam pemanfaatan media sosial dinilai sudah dilakukan semaksimal mungkin dengan memanfaatkan media sosial instagram dan shopee dalam memasarkan produknya
Business activity or business is an activity to meet the needs and desires of humans, organizations, and society at large. To meet the needs and desires of consumers while increasing product sales, companies need an integrated marketing concept called the marketing mix. The research method used is descriptive qualitative method. The data collection techniques used in the study were interviews and documentation. The object of research is Omyka Collection as the primary data source. Based on the results and discussions that have been found by researchers, researchers can conclude that the marketing mix strategy implemented by Omyka Collection in Sidoarjo City can be concluded that the products sold are always updated and designed according to market segmentation. Furthermore, in terms of the price set according to the quality of the material, the better the material, the higher the price offered. In the aspect of place or distribution in marketing their products, they prioritize locations or places that are strategic and easily accessible to consumers. Then in terms of promotions that have been done as much as possible by utilizing social media Instagram and shopee in marketing their products.