ABSTRAK
Salah satu mata pelajaran dari program keahlian Manajemen Perkantoran adalah kearsipan. Didalamnya terdapat kompetensi dasar yang harus ditempuh oleh siswa yakni Menerapkan Prinsip-prinsip Pengeloaan Arsip dengan materi pokok jenis-jenis arsip. Siswa dituntut untuk mengetahui jenis arsip yang digunakan sebagai pendukung kegiatan pembelajaran. Tentunya hal tersebut juga didukung oleh media pembelajaran yang telah disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan media pembelajaran, menguji kelayakan media pembelajaran, serta respon siswa terhadap media pembelajaran Ludo pada kompetensi dasar Menerapkan Prinsip-prinsip Pengelolaan Arsip di kelas X MP 2 SMKN 2 Buduran Sidoarjo yang telah dikembangkan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan, dengan menggunakan model pengembangan 4-D, yakni pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Tetapi pada penilitian ini akan dibatasi sampai tahap pengembangan. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa di kelas X MP 2 SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Adapun instrumen penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan angket respon siswa. Hasil persentase dari ahli materi yakni 87, 33% dengan kriteria sangat kuat, hasil persentase dari ahli media yakni 94, 67% dengan kriteria sangat kuat, dan hasil persentase respon siswa sebesar 97, 5% dengan kriteria sangat kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Ludo layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Ludo, Kearsipan
ABSTRACT
One of the subjects of the Office Management expertise program is archiving. In it there are basic competencies that must be pursued by students namely Applying the Principles of Archive Management to the subject matter of archival types. Students are required to know the types of records used to support learning activities. Of course this is also supported by learning media that have been adapted to the needs of students. This study aims to analyze the development of instructional media, test the feasibility of instructional media, as well as students' responses to the Ludo learning media on the basic competencies of Applying Archive Management Principles in class X MP 2 SMKN 2 Buduran Sidoarjo that have been developed.
This research is a type of development research, using the 4-D development model, namely the definition, design, development, and dissemination. But this research will be limited to the development stage. The research subjects were 20 students in class X MP 2 SMK 2 Buduran Sidoarjo. The instrument of this study was the material expert validation sheet, the media expert validation sheet, and the student response questionnaire. The percentage results from material experts are 87, 33% with very strong criteria, the results of the percentage of media experts namely 94, 67% with very strong criteria, and the results of the percentage of student responses of 97.5% with very strong criteria. So it can be concluded that the Ludo learning media is appropriate to be used in the learning process.
Keywords : Development, Learning Media, Ludo, Archiving