ABSTRAK
PENERAPAN MODIFKASI PERMAINAN SOFTBALL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM
PEMBELAJARAN PJOK PADA SISWA KELAS XI SMA DHARMA WANITA SURABAYA
Nama
: Muhammad Nurafandy
NIM
: 19060464164
Program Studi :
S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Fakultas
: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Nama Lembaga :
Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing :
Dra. Sasminta Christina Yuli Hartati, M.Pd.
Pembelajaran adalah suatu proses
dalam pembentukan diri siswa dalam aspek pertumbuhan dan perubahan seperti
pembelajaran pendidikan jasmani, tujuan dari pembelajaraan pendidikan jasmani
untuk memberikan suatu peningkatan tentang kebugaran jasmani dalam aspek cara
bergerak menjadi hidup dengan sehat dan juga membentuk kerja sama dalam tim.
Agar pembelajaran dapat terlaksana dengan maksimal, perlunya pembelajaran yang
berinovatif dan pendukung saran prasarana yang lengkap sehingga dapat membantu
guru dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa saat menerima pembelajaran berlangsung. Namun masih banyak yang kita
jumpai minimnya pembelajaran pendidikan jasmani yang kurang berinovatif dan
sarana parasarana yang terbatas, sehingga membuat motivasi belajar siswa dapat
menurun. Alternatif solusinya memberikan permainan yang belum pernah mereka
mainkan seperti permainan Softball
yang dimodifikasi sedemikian mungkin dari segi peraturan permainan, bahasa
permainan dan sarana prasarana permainan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
berapa besarnya pengaruh setelah diberikan penerapan modifikasi permainan Softball untuk meningkatkan motivasi
belajar siswa dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas XI SMA Dharma Wanita
Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis
penelitian eksperimen, yaitu eksperimen murni desain Pre-test dan Post-test
Control Group . Penelitian menggunakan sampel murid kelas XI SMA Dharma
Wanita Surabaya, dengan kelompok
ekperimen berjumlah 29 siswa dan kelompok kontrol berjumlah 32 siswa
Setalah melakukan pengambilan data,
data yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian dapat kita ketahui tidak
terdapat pengaruh dalam penerapan modifikasi permainan Softball untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal itu
terbukti dari hasil data penelitian menghasilkan nilai Post-test angket motivasi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol
menunjukkan T hitung > T tabel yaitu
0,896 > 0,132.
Kata
Kunci : Modifikasi, Permainan Softball,
Motivasi Belajar Siswa