Pengembangan Model Permainan Pembelajaran PJOK Materi Bola basket Pada Siswa Sekolah Dasar
Development of a PJOK Learning Game Model for Basketball Material in Elementary School Students
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model permainan untuk pembelajaran teknik dasar bola basket di sekolah dasar. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian pengembangan. Pengembangan produk model permainan untuk pembelajaran teknik dasar bola basket di sekolah menengah pertama dilakukan dalam tujuh tahapan, yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) Pembuatan Rancangan Produk Awal, (3) validasi produk, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi produk, (6) uji coba kelompok besar serta revisi akhir, dan (7) produk akhir. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas V dari SDN Rejoagung dan SDN Losari Instrumen penelitian ini berupa kuisioner yang diberikan pada para ahli yakni ahli pembelajaran, ahli materi serta kuisioner pendapat siswa. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik anlisis deskriptif kuantitatif dengan hasil skor persentase. Hasil menunjukkan bahwa validasi produk oleh pakar sedangkan validasi ahli materi memperoleh hasil 77,33 % (kriteria baik) dan validasi ahli pembelajaran memperoleh hasil 82,06 % (kriteria sangat baik). Pada hasil uji coba siswa kelompok kecil dan besar diperoleh hasil rata-rata persentase pre-test 59,15% (kriteria cukup) dan post-test 82,95% (kriteria sangat baik), dimana hasil tersebut mengalami kenaikan sebesar 23,8%. Sedangkan pada hasil kuisioner pendapat siswa (kelompok kecil dan besar) terhadap produk diperoleh hasil rata-rata persentase 82,15% (kriteria sangat menarik). Dengan demikian, model permainan pembelajaran PJOK materi bola basket siswa sekolah dasar dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran PJOK bagi siswa sekolah dasar.
The purpose of this study was to produce a game model for learning basic basketball techniques in elementary schools. The approach taken in development research. Game model product development for learning basic basketball techniques in junior high schools is carried out in seven stages, namely: (1) needs analysis, (2) Preliminary product design, (3) product validation, (4) small group trials, ( 5) product revisions, (6) large group trials and final revisions, and (7) final products. The subjects of this development research were fifth grade students from SDN Rejoagung and SDN Losari. The research instrument was a questionnaire given to experts, namely learning experts, material experts and student opinion questionnaires. The analysis technique in this study used a quantitative descriptive analysis technique with a percentage score result. The results showed that product validation by experts while material expert validation obtained 77.33% results (good criteria) and learning expert validation obtained 82.06% results (very good criteria). In the results of the small and large group trials, the average percentage of pre-test was 59.15% (sufficient criteria) and 82.95% post-test (very good criteria), where these results increased by 23.8%. . While the results of the student opinion questionnaire (small and large groups) on the product obtained an average percentage of 82.15% (very interesting criteria). Thus, the PJOK learning game model for elementary school students' basketball material can be used as an alternative to PJOK learning for elementary school students.