IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMAN 1 KEBOMAS
IMPLEMENTATION OF INDEPENDENT LEARNING CURRICULUM IN LEARNING CLASS X GEOGRAPHY AT SMAN 1 KEBOMAS
ABSTRAK
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMAN 1 KEBOMAS Nama : Anita Eddies Aulia NIM : 19040274074 Program Studi : S1 Pendidikan Geografi Jurusan : Pendidikan Geografi Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya Pembimbing : Dr.Sukma Perdana P. S.Pd, M.T Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran Geografi di SMAN 1 Kebomas tidak ada batasan bagi guru dan pendidik untuk memaksimalkan potensi siswa mereka serta telah dilaksanakan dengan baik dan memenuhi semua tahapan prosedur. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran Geografi, mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, pembelajaran, dan asesmen pembelajaran Geografi di SMAN 1 Kebomas, serta mengidentifikasi kendala penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran geografi di SMAN 1 Kebomas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran Geografi di SMAN 1 Kebomas. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan mengacu pada konsep ataupun teknik analisis kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada penerapan Kurikulum merdeka belajar di SMAN 1 Kebomas terlaksana dengan baik. Dalam kurikulum merdeka pada pelaksanaan pembelajaran geografi, siswa lebih aktif dalam menyuarakan pendapat. Namun, pelaksanaan kurikulum ini juga terdapat kendala yaitu pendidik tidak siap untuk menerapkan kurikulum merdeka, waktu yang terbatas, dan pendidik sulit untuk mengevaluasi dan menerapkan pembelajaran. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar
ABSTRACT
IMPLEMENTATION OF INDEPENDENT LEARNING CURRICULUM IN LEARNING CLASS X GEOGRAPHY AT SMAN 1 KEBOMAS Name : Anita Eddies Aulia NIM : 19040274074 Study Program : S1Geography Educationi Department : Geography Faculty : Social Science and Law Science Institution Name : State University of Surabaya Adviser : Dr.Sukma Perdana P. S.Pd, M.T The implementation of the independent learning curriculum in Geography education at SMAN 1 Kebomas has no limitations for teachers and educators to maximize their students' potential and has been carried out well, meeting all procedural stages. The purpose of this research is to understand the implementation of the independent learning curriculum in Geography education, to describe the planning, execution, learning, and assessment of Geography education at SMAN 1 Kebomas, and to identify the obstacles in implementing the independent learning curriculum in Geography education at SMAN 1 Kebomas. This research aims to examine the implementation of the independent learning curriculum in Geography education at SMAN 1 Kebomas. This study is a qualitative descriptive research using observation, interviews, and documentation methods. The data analysis techniques used refer to qualitative analysis concepts or techniques, including data reduction, data presentation, and verification or conclusion drawing. The results of this study indicate that the implementation of the independent learning curriculum at SMAN 1 Kebomas has been carried out well. In the independent curriculum for the implementation of geography learning, students are more active in expressing their opinions. However, the implementation of this curriculum also faces obstacles, such as educators not being ready to apply the independent curriculum, limited time, and difficulty for educators in evaluating and implementing the learning Keywords: Implementation, Independent Learning Curriculum