Development of UCC Game (Uno Coins Card) as a Enrichment Media for Basic Accounting Subjects
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui proses dan kelayakan media yang dikembangkan dengan menghasilkan produk media pengayaan berupa Game UCC (Uno Coins Card). Kegiatan pengayaan merupakan program tambahan untuk siswa yang memiliki kemampuan lebih unggul dalam belajar, dengan tercapainya kriteria ketuntasan minimal. Pentingnya kegiatan pengayaan bagi siswa bertujuan untuk memberikan kesempatan dalam menambah wawasan dan memperdalam pemahaman terhadap suatu materi yang telah dipelajari secara optimal. Untuk mendukung kegiatan tersebut, banyak ragam bentuk aktivitas yang bisa digunakan salah satunya yaitu melalui media permainan. Penggunaan media permainan dapat menjadikan peserta didik lebih aktif, menarik dan pengalaman baru yang menyenangkan dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau R&D. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE namun pada tahap implementasi dan evaluasi tidak dilakukan. Instrumen yang digunakan berupa lembar telaah serta validasi dari para ahli materi dan media. Hasil validasi yang didapat dari ahli materi dengan presentase 89,3% sangat layak, dan presentase dari ahli media sebesar 95,7% sangat layak. Maka produk yang dihasilkan dalam penelitian ini dinyatakan sangat layak sebagai media pengayaan mata pelajaran akuntansi dasar.
This development research is designed to study the process and feasibility of the media developed by producing enrichment media products consisting of UCC Game (Uno Coins Cards). Enrichment activities are additional programs for students who have superior abilities in learning, with minimal proficiency criteria. The importance of enrichment activities for students provides a place to add insight and deepen understanding of a material that has been studied optimally. To support these activities, there are many types of activities that can be used, one of them is through game media. Using game media can make students more active, interesting and enjoyable new experiences in teaching and learning. This type of research is development research or R&D. This research uses the ADDIE development model but the implementation and evaluation is not done. The instrument used consisted of study sheets and also validation from material and media experts. The validation results obtained from material experts with a percentage of 89.3% are very feasible, and the percentage of media experts at 95.7% is very feasible. So the product produced in this study was declared very feasible as a media enrichment for basic accounting subjects.