Pengembangan Permainan Berbasis Android “Chemical Hydro Adventure” Untuk Pembelajaran Materi Hidrokarbon
Development of Android-Based Game “Chemical Hydro Adventure” in Hydrocarbons
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan permainan berbasis Android Chemical Hydro Adventure sebagai media dalam pembelajaran pada materi hidrokarbon untuk meningkatkan hasil belajar dan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan tiga aspek yang dinilai yaitu Validasi oleh ahli, kepraktisan permainan dari hasil angket peserta didik, serta efektivitas permainan berdasarkan peningkatan hasil belajar. Hasil untuk validitas yang diperoleh sebesar 86,13% Sangat Valid yang berarti media permainan tersebut sesuai dengan kriteria validitas sehingga dapat diujicobakan. Untuk hasil kepraktisan diperoleh sebesar 94% Sangat Praktis dimana permainan tersebut memudahkan peserta didik untuk belajar materi hidrokarbon. Serta keefektifan yang diperoleh dari hasil belajar peserta didik, menunjukkan adanya pengaruh dari permainan yang telah mencapai ketuntasan minimum dengan artian, permainan tersebut sangat efektif. Sehingga permainan yang dikembangakan layak digunakan dan guru kimia diharapkan dapat menerapkan serta memanfaatkan sehingga memudahkan dalam proses pengajaran dan pembelajaran kimia materi hidrokarbon
The purpose of this research was to develop an Android-Based Game which it named Chemical Hydro Adventure as a media learning of hydrocarbons materials which it used to improve learning outcomes and also its quality. This research used Research and Development (R&D) methods within three aspects assessed, they were: validation by the experts, practicality of the game based on students’ questionnaire results distribution, and also the games effectiveness which based on improving learning outcomes. This result showed 86.13% highly relevant, meant that the game media was suitable to validity criteria, so that it can be tried and tested. The practical results obtained 94% Very Practical meant the game could facilitate the students to learn hydrocarbons materials. And the results showed there were significant effect about the game that has reached minimum completeness, which meant the game was a very effective one. So that the game developed is reasonable to be used and we also expects that chemistry teachers can apply and utilize properly, then it could facilitate chemistry teaching and learning process of hydrocarbons materials.