Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dari lembar kegiatan peserta didik (LKPD) materi hidrolisis garam untuk melatihkan kemampuan literasi sains. Kriteria kelayakan ditinjau dari validitas, kepraktisan dan keefektifan. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan dengan model 4P yang terdiri dari pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran yang dibatasi sampai pada tahap pengembangan. Desain uji coba yang digunakan dalam penelitian ini yaitu one-group pretest-posttest design. Uji coba terbatas dilakukan pada peserta didik SMAN 3 Kota Mojokerto dalam 2 kali pertemuan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa LKPD dikatakan valid baik dari aspek validitas isi maupun konstruk berdasarkan penilaian validator. Hasil validasi pada aspek validitas isi sebesar 87,33% dan 86,67% pada aspek validitas konstruk dengan kategori sangat valid. Adapun dari segi kepraktisan, LKPD yang dikembangkan ditinjau berdasarkan observasi aktivitas peserta didik dan angket respon peserta didik setelah menggunakan LKPD. Hasil observasi aktivitas peserta didik selama pembelajaran menggunakan LKPD diperoleh rata-rata persentase sebesar 83,39% kategori (sangat baik). Angket respon memperoleh respon positif sebesar 95,43% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan LKPD ditinjau berdasarkan hasil peningkatan tes literasi sains peserta didik yang memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,83 dalam kategori tinggi. Berdasarkan kriteria kelayakan tersebut, bahwa LKPD berorientasi literasi sains pada materi hidrolisis garam layak digunakan sebagai bahan ajar untuk melatihkan kemampuan literasi sains.
Kata kunci : Lembar kegiatan peserta didik (LKPD), literasi Sains, hidrolisis garam
This study aims to know feasibility of student worksheet oriented science literacy in salt hydrolisis matter to train science literacy ability. Feasibility criteria consist of validity, practicality, and effectiveness. Design of research was used 4-D consist of define, design, develop and disseminate which is limited until develop stage. Student worksheet used one-group pretest-posttest design. Student worksheet was limited trial in senior high school 3 Mojokerto two times. The result of research indicate that student worksheet is valid in terms of content and construct validity based on assessment by three validators. The result validation of content validity obtained the percentage of 87,33% and 86,67% of construct validity on very valid category. In term practically, student worksheet based on observation of student activities and questionnaire responses of student after used student worksheet. The result observation of student activities during use student worksheet obtained average percentage of 83,39% on very good category and the result of questionnaire obtained 95,43% on very practical category. Effectiveness of student worksheet based on the result of increased science literacy test obtained value with N-Gain score of 0,83 with high category. Based on the feasibility criteria, can be concluded that student worksheet oriented science iteracy on salt hydrolisis matter feasible as teaching materials to train ability of science literacy.
Keywords: Students worksheet, science literacy and salt hydrolisis