EFL University Students’ Perceptions of Social Identity in Mira Nair’s The Namesake
Persepsi Mahasiswa Universitas Jurusan Bahasa Asing tentang Isu Identitas Sosial dalam Film The Namesake karya Mira Nair
Perbedaan cara pandang terhadap berbagai wilayah di dunia ini berdampak pada bagaiman penyikapan terhadap suatu persoalan. Hal itu merupakan salah satu hal yang melatarbelakangi terhadinya konflik antar-negara yang berdampak sangat serius. Intoleransi terhadap perbedaan yang berlarut-larut akan menimbulkan masalah besar di kemudian hari. Isu rasial tentang intoleransi terhadap identitas sosial suatu bangsa menyebabkan konflik antar-budaya yang signifikan. Di sinilah pentingnya pengetahuan dimensi antar-budaya bagi pembelajar bahasa yang diharapkan berhasil, tidak hanya dalam berkomunikasi, tetapi juga dalam mengembangkan hubungan manusia dengan bahasa dan budaya lain. Isu antarbudaya terkait intoleransi identitas sosial dipilih untuk memahami persepsi mahasiswa untuk membangun kesadaran mahasiswa di masa depan.
Penelitian ini dilakukan utuk melihat lebih dekat bagaimana respon mahasiswa terhadap konflik budaya terkait isu identitas sosial dalam Film The Namesake dan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang penyebab munculnya persepsi mahasiswa tersebut. Penelitian ini mengunakan metode Kualitatif dengan penjelasan deskriptif bertujuan untuk melihat seberapa kritis dan sejauh mana kesadaran mahasiswa dalam menyikapi perbedaan budaya dalam sebuah cerita dalam sebuah karya sastra, khususnya film. Data diambil dari 36 mahasiswa Sastra Inggris melalui ujian akhir semester mereka, lalu peneliti memilih 10 mahasiswa yang dianggap memiliki persepsi yang cukup menarik dalam menanggapi penyadaran isu antarbudaya dalam film. Melalui pendekatan teori coding Gibbs (2018) data akan dikelompokkan dan akan dianalisa menggunkan pendekatan Teori respons pembaca dan kritik budaya Tyson (2011). Temuan dari adanya penelitian ini menunjukkan terlihat adanya kesamaan karakter dan alur cerita yang sama antara siswa dengan orang yang siswa ketahui tentang cerita dalam film dapat membuat siswa memahami kondisi krisis identitas yang terjadi. Melalui penelitian ini diharapkan dengan pemahaman siswa terhadap isu krisis identitas, siswa dapat bersikap bijak dan memahami pentingnya toleransi terhadap orang lain.
Differences in perspectives on various regions of the world have an impact on the attitude towards a problem. This is one of the reasons behind the occurrence of inter-state conflicts which have a very serious impact. Intolerance to protracted differences will cause big problems in the future. The racial issue of intolerance towards the social identity of a nation causes significant inter-cultural conflicts. This is where knowledge of the intercultural dimension is important for language learners who are expected to be successful, not only in communicating, but also in developing human relations with other languages and cultures. Intercultural issues related to social identity intolerance were chosen to understand student perceptions to build student awareness in the future.
This research was conducted to take a closer look at how students respond to cultural conflicts related to issues of social identity in The Namesake Film and gain a deeper understanding of the causes of these student perceptions. This study uses a qualitative method with descriptive explanations aiming to see how critical and how far students' awareness is in responding to cultural differences in a story in a literary work, especially film. Data were taken from 36 English Literature students through their final semester exams, then the researchers selected 10 students who were considered to have quite interesting perceptions in responding to awareness of intercultural issues in film. Through the coding theory approach of Gibbs (2018) the data will be grouped and analyzed using the approach of reader response theory and Tyson's cultural criticism (2011). The findings from this study indicate that there are similarities in characters and the same storyline between students and people who students know about stories in films can make students understand the conditions of the identity crisis that occurs. Through this research it is hoped that with students' understanding of the issue of identity crisis, students can be wise and understand the importance of tolerance towards others.