ABSTRAK
Anggara, Adi Putra, 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Dan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini.Tesis, Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd,(2) Dr.Danang Tandyonomanu, M.Si
Kata kunci :Pengembangan, Media Pengembangan, Powerpoint, Perkembangan Kognitif, Perkembangan Sosial, Anak Usia Dini.
Tujuan media belajar yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik, meningkatakan kemampuan kognitif anak untuk memperoleh dan membangun pengetahuan mereka melalui cara menemukan sendiri pengetahuan dan berdiskusi bersama teman sebaya dengan gaya bahasa mereka sendiri. Hal ini sejalan dengan prinsip-prinsip konstruktivitis seperti yang dikemukakan oleh Suparno (1997:37) yaitu (1) pengetahuan dibangun oleh siswa sendiri, baik secara individu maupun sosial, (2) pengetahuan tidak dapat dipindahkan dari guru ke siswa, kecuali hanya dengan keaktifan siswa sendiri untuk menalar, (3) anak aktif mengkonstruksi terus menerus, sehingga selalu terjadi perubahan konsep menuju ke konsep yang lebih rinci, lengkap serta sesuai dengan konsep ilmiah, (4) guru sekedar menyediakan sarana dan situasi agar proses konstruksi berjalan mulus.
Produk yang dihasilkan merupakan media belajar dengan adanya komponen gambar, suara dan video dalam bentuk powerpoint, dan buku pedoman penggunaan, serta buku pegangan guru. Keefektifan media pembelajaran Powerpoint dapat diketahui dari analisis dengan menggunakan rumus t. Perhitungan hasil eksperimen menggunakan pre test dan posttest one group design. Dari perhitungan diperoleh t = 41,17% > 88,23% untuk mencapai kriteria ketuntasan.
Berdasarkan hasil penelitihan dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak untuk belajar, sebagai awal kemampuan anak dalam bersosialisasi, memahami metode baru pengajaran yang tidak monoton anak lebih cepat menangkap, dan juga dalam hal tingkah laku, belajar memainkan peran sosial, serta mengembangkan sikap sosial yang layak diterima oleh orang lain.
ABSTRACT
Anggara, Adi Putra, 2017. Learning Media Development Powerpoint To Enhance Cognitive Development And Social Skills in Early Childhood. Thesis, Department of Educational Technology, Graduate Program, State University of Surabaya. Supervisor (1) Prof. Dr. Mustaji, M. Pd, (2) Dr.Danang Tandyonomanu, M.Si
Keywords: Development, Instructional Media, Powerpoint, Bible Stories, Cognitive Development, Social Development, Early Childhood.
The purpose of learning media that is used to improve learners' abilities enhances the cognitive ability of children to acquire and build their knowledge through finding their own knowledge and discussing with peers in their own language style. This is in line with the principles of constructivitis as suggested by Suparno (1997: 37) namely (1) knowledge built by students themselves, both individually and socially, (2) knowledge can not be transferred from teacher to student, except only by activeness The students themselves to reasoning, (3) the child actively constructs continuously, so that there is always a change of concept to a more detailed concept, complete and in accordance with the scientific concept, (4) the teacher simply provides the means and the situation for the construction process to run smoothly.
The resulting product is a learning media in the presence of component images, sound and video in the form of powerpoint, and usage manual, as well as teacher handbook. The effectiveness of learning media Powerpoint can be known from the analysis by using the formula t. Calculation of experimental results using pre test and posttest one group design. From the calculation obtained t = 41.17%> 88.23% to achieve the criteria mastery.
Based on the results of the study can improve the cognitive development of children to learn, as the early ability of children in socializing, understanding new methods of teaching are not monotonous children more quickly catch, and also in terms of behavior, learning to play a social role, and develop a social attitude that deserves acceptance by other people.