Kemasan atau packaging adalah suatu wadah yang menempati suatu barang agar aman, menarik, dan mempunyai daya pikat untuk seseorang atau masyarakat yang ingin membeli suatu produk. Dengan adanya kemasan menjadi media komunikasi antara produsen dengan calon konsumen, sehingga didalamnya tercantum informasi-informasi yang harus diketahui oleh calon konsumen. Semakin lengkap informasi yang tertera dikemasan maka persepsi calon pembeli akan lebih mengerti dan meyakinkan terhadap produk yang diperjualkan
Perancangan ini bertujuan untuk merancang sebuah kemasan parfum dari Klinik Sepatoe Surabaya. Klinik Sepatoe adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Menu yang ditawarkan oleh perusaahan ini yaitu perawatan sepatu, mulai dari pencucian sepatu, recolour dan reparasi. Semua perawatan dikerjakan dengan cara manual dan dilakukan secara premium.
Klinik Sepatoe berinisiatif untuk membuat suatu produk parfum. Parfum ini dinamakan TOF (The Old Friend). Konsep pembuatan parfum sepatu ini seperti gambar sepatu-sepatu sneakers. Perancangan ini ditunjukan kepada masyarakat dan pelanggan Klinik Sepatoe agar tertarik untuk membelinya. Selain itu dapat mengangkat citra dari perusahaan jasa pencucian sepatoe yaitu Klinik sepatoe.
Metode pengumpulan data pada perancangan ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Selesai melakukan pengumpulan data, data dianalisis dengan metode analisis SWOT, USP dan Positioning. Setelah selesai pengumpulan data tersebut menentukan desain dan ide perancangan. Untuk perancangan ini di mulai dari pembuatan Logo sampai kemasan primer dan sekunder lalu melalui tahap thumbnail, tight tissue, hingga final design. Setelah semua selesai lalu ditampilkan beberapa media seperti, poster, x-banner, pouch bag dan sosial media.
Melalui perancangan ini, Parfum sepatu merek TOF (the old friend) memiliki cirikhas dan keunikan tersendiri. Sehingga, parfum TOF (the old friend) memiliki citra yang bagus untuk sebuah produk parfum yang akan dipasarkan.
Kata Kunci: Klinik Sepatoe, Surabaya, Desain kemasan, Perancangan,
Packaging is a container that fill an item so that it can be safe, attractive and has an allure for someone or public who wants to buy a product. With the packaging as a communication media between producers and potential consumers, so that there are listed information that must be known by potential customers. As complete as the information contained in the packaging, the prospective buyer will be more understanding and convincing of the product being on sale.
The aims to design a perfume package from the Klinik Sepatoe Surabaya. Klinik Sepatoe is a company engaged in services. The this company ofters maintenance, starting from shoe washing, recolour and repair. All treatments are done manually and done in premium.
The Klinik Sepatoe took the initiative to make a perfume product. This perfume is called TOF (The Old Friend). The concept of making shoe perfume is like a picture of sneakers. This design was shown to the community and customers of the Klinik Sepatoe to be interested in buying it. Besides that, it can lift the image of the shoe washing service company Klinik Sepatoe.
Data collection methods in this design are done by observation, interview and documentation. After completing the data collection, the data were analyzed using the SWOT, USP and Positioning analysis methods. After completing the data collection, the design and ideas are determined. For this design, it starts from making logos to primary and secondary packaging, then through the thumbnail, tight tissue, and final design stages. After all, several media such as posters, x-banners, pouch bags and social media are displayed.
Through this design, TOF (The Old Friend) shoe perfume has its own characteristics and uniqueness. Thus, TOF (the old friend) perfume has a good image for a perfume product to be marketed.
Keyword: Klinik Sepatoe, Surabaya, Packaging Design, Design