Tingginya tenaga kerja yang tidak terserap lapangan pekerjaan mengakibatkan banyaknya pengangguran. Masalah pengangguran tidak dapat tertangani dengan efektif, maka mengakibatkan kesenjangan ekonomi sehingga dapat meningkatkan kecemburuan sosial. Oleh karena itu perlu ditingkatkan langkah pengembangan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan, antara lain melalui pendidikan dan pelatihan kerja. Dengan adanya pelatihan desain grafis, peserta pelatihan diharapkan dapat meningkatkan kompetensi, sikap dan keterampilan guna mendapat kesempatan kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data analisis menggunakan Teknik kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Teknik tersebut digunakan untuk mencari data dalam proses pelatihan desain grafis di UPT Pelatihan Kerja Surabaya. Penelitian ini memiliki tujuan menjelaskan proses upaya meningkatkan kesempatan kerja melalui pelatihan desain grafis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelatian desain grafis sudah berjalan dengan baik yang didukung oleh upaya maksimalnya tiap tahap dari pelatihan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Selain itu aspek yang perlu diperhatikan dalam pelatihan desain grafis juga untuk memperoleh kesempatan kerja yaitu informasi kerja, kondisi pelatihan dan kondisi lulusan pelatihan desain grafis. Dalam ketiga tahap itu terdapat peran instruktur, peserta, sarana prasarana, metode pembelajaran dan tujuan yang tepat sasaran. Keberhasilan tersebut terbukti dengan mayoritas lulusan pelatihan desain grafis mendapatkan kesempatan kerja.
The high number of workers who are not absorbed by employment causes a lot of unemployment. The problem of unemployment cannot be dealt with effectively, hence resulting in economic inequality so as to increase social jealousy. Therefore, it is necessary to increase the steps of developing the workforce in accordance with development needs, including through education and job training. With the graphic design training, trainees are expected to be able to improve their competencies, attitudes and skills in order to get job opportunities. This study uses a qualitative approach, collecting data using interviews, observation and documentation. Data analysis using data condensation techniques, data presentation and data verification. The technique is used to search for data in the graphic design training process at the Surabaya Job Training. This study aims to explain the process of efforts to increase employment opportunities through graphic design training. The results showed that the implementation of graphic design training had been going well which was supported by the maximum efforts at each stage of the training namely planning, implementation and evaluation. In addition, aspects that need to be considered in graphic design training are also to obtain employment opportunities, namely work information, training conditions and conditions of graphic design training graduates. In all three stages there are roles of instructors, participants, infrastructure, learning methods and goals that are right on target. This success is proven by the majority of graphic design training graduates getting job opportunities.