Kemampuan berpikir
tingkat tinggi seperti berpikir kritis, berpikir logis, berpikir reflektif,
berpikir metakognitif, dan berpikir kreatif merupakan cara berpikir yang sangat
diperlukan untuk abad ke-21. Secara khusus, ini
menekankan pemikiran kritis sebagai hal yang penting dalam pembelajaran dan
menyarankan permainan edukatif sebagai media untuk meningkatkan keterampilan
ini di antara para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan
mendeskripsikan kelayakan media PowerPoint Spin Game terintegrasi ClassPoint
yang ditinjau dari segi validitas, kepraktisan, dan keefektifan untuk
meningkatkan keterampilan berpikir kritis di SMA, khususnya pada materi sistem
ekskresi. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan menggunakan
model ASSURE. Penelitian ini melibatkan 24 siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah
10 GKB Gresik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
kuesioner, pre-test, dan post-test mengenai penggunaan media. Hasil penelitian
menunjukkan rata-rata validitas media sebesar 95,44% dengan kriteria “sangat
valid”. Kepraktisan media diperoleh berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa
sebesar 98,61% dengan kriteria “sangat praktis” dan diperoleh 92,5% dengan
kriteria “sangat praktis” berdasarkan angket respon siswa. Keefektifan media
menunjukkan rata-rata 0,68 dengan kriteria “sedang” melalui analisis N-gain.
Oleh karena itu, media PowerPoint Spin Game terintegrasi ClassPoint yang
dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam
pembelajaran.
Kata Kunci:, classpoint, berpikir
kritis, sistem ekskresi, integrasi, powerpoint, spin game.