KEPUASAN ORANG TUA PADA PROGRAM PARENTING DALAM JARINGAN DI PAUD KHADIJAH WONOREJO
PARENT SATISFACTION IN ONLINE PARENTING PROGRAM AT KHADIJAH WONOREJO PAUD
Abstrak
Salah satu jenjang pendidikan yang terdampak pada masa pandemi covid-19 adalah pendidikan anak usia dini (PAUD), yang harus dilaksanakan secara dalam jaringan (daring). Dalam pembelajaran siswa PAUD tidak dapat melaksanakannya secara mandiri, mereka membutuhkan keterlibatan orang tua sebagai pendamping. Sehingga, dibutuhkan kerjasama yang baik antara lembaga PAUD dengan orang tua, untuk itu dibutuhkan program parenting daring. Pada program parenting daring kualitas layanan harus baik agar memberikan kepuasan yang maksimal untuk orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan orang tua pada program parenting daring. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survei deskriptif dengan teknik analisis Wilcoxon Signed Rank Test. Responden penelitian ini adalah orang tua siswa PAUD Khadijah Wonorejo berjumlah 14 orang tua. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan orang tua PAUD Khadijah Wonorejo pada program parenting daring dimensi assurance (jaminan), emphaty (empati), dan responsivenes (ketanggapan) adalah puas karena semua indikator memiliki taraf signifikasi 0,05 sehingga diterima. Pada dimensi tangiable (bukti fisik) orang tua tidak puas dibuktikan dengan dari 8 indikator, 6 indikator memiliki taraf signifikasi 0,05 sehingga diterima. Pada dimensi reability (keandalan) puas karena semua indikator memiliki taraf signifikasi 0,05 sehingga pada dimensi ini orang tua puas dan terdapat satu indikator yang sangat puas.
Kata Kunci: Kepuasan Orang Tua, Program Parenting Daring, PAUD
Abstract
One of the educational level affected during the Covid-19 pandemic is early childhood education (PAUD), which must be carried out online. In learning, PAUD students cannot do it independently, they need the involvement of parents as a companion. So, it takes good cooperation between PAUD institutions and parents, for that we need an online parenting program. In online parenting programs the quality of service must be good in order to provide maximum satisfaction for parents. This study aims to determine parental satisfaction with online parenting programs. This research is a quantitative research with a descriptive survey research method with the Wilcoxon Signed Rank Test analysis technique. Respondents of this study were 14 parents of Khadijah Wonorejo PAUD students. The results showed that the satisfaction of the parents of PAUD Khadijah Wonorejo in the online parenting program with the dimensions of assurance (assurance), empathy (empathy), and responsiveness (responsiveness) is satisfied because all indicators have a significance level of 0.05 so that is accepted. In the tangiable dimension (physical evidence) parents are not satisfied as evidenced by the 8 indicators, 6 indicators have a significance level of 0.05 so that is accepted. In the reliability dimension, it is satisfied because all indicators have a significance level of 0.05 so that in this dimension parents are satisfied and there is one indicator that is very satisfied.
Keywords: Parental Satisfaction, Online Parenting Program, PAUD