Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android untuk Siswa Kelas VII SMP Materi Penyajian Data
Development of Android-Based Interactive E-Module for Students of 7th Grade Junior High School Data Presentation Material
Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan berkembang pesat, salah satunya yaitu modul elektronik (e-modul) yang bisa menjadi alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran e-modul interaktif berbasis android pada materi penyajian data yang layak digunakan dengan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan.
Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu pada tahap Analysis dilakukan analisis kinerja, siswa, kurikulum, dan media. Tahap Design dilakukan penyusunan materi, pembuatan instrumen (pedoman wawancara, lembar validasi media, lembar validasi materi, angket respon siswa, tes kemampuan awal siswa, tes hasil belajar siswa), pembuatan flowchart, dan storyboard. Tahap Development dilakukan pengembangan e-modul interaktif berbasis android, validasi ahli media dan ahli materi, revisi media, dan uji coba terbatas. Tahap Implementation dilakukan pengimplementasian e-modul kepada siswa kelas VII SMPN 26 Surabaya. Tahap Evaluation dilakukan kegiatan menganalisis hasil dari penelitian yang telah dilakukan.
Media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid berdasarkan nilai rata-rata total validasi oleh ahli media 82,7% dan validasi oleh ahli materi 81,2%, sehingga media ini termasuk dalam kategori sangat valid. Soal-soal yang digunakan untuk tes kemampuan awal dan hasil belajar siswa juga dinyatakan sangat valid dengan nilai 86,1%. Media pembelajaran ini dikatakan praktis karena berdasarkan penilaian dari angket respon siswa dengan persentase 77,7%. Kriteria selanjutnya adalah media pembelajaran dinyatakan efektif dan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil skor siswa sebelum dan sesudah menggunakan e-modul, terdapat peningkatan juga yang dibuktikan dengan rata-rata skor n-gain sebesar 0,79.
Kata Kunci: pengembangan, media pembelajara, e-modul interaktif, android, penyajian data.
The development of technology in the world of education is growing rapidly, one of them is electronic modules (e-modules) which can be an alternative learning media used in the teaching and learning process. This study aims to describe the process of developing an Android-based interactive e-module learning media on data presentation material that is feasible to use by meeting the criteria of validity, practicality, and effectiveness.
The development model used in this research is the ADDIE model that consists of 5 stages, which are Analysis stage, the stage that consist of performance analysis, curriculum students, and Media. The Design stage is carried out by preparing materials, making instruments (interview guidelines, media validation sheets, material validation sheets, student response questionnaires, student initial ability tests, student learning outcomes tests), making flowcharts, and storyboards. The Development stage carried out the development of interactive e-modules based on android, validation of media experts and material experts, media revisions, and limited trials. The Implementation stage is carried out implementing the e-module to VII grade students of SMPN 26 Surabaya. The Evaluation stage is carried out by analyze the results of the research that has been done.
The learning media developed meets the valid criteria by reaching 82.7% by media experts, and 81.2% by material expert for the total average value of validation, so that this media is included in very valid category. It also very valid declared for the question used in initial ability test and student learning because reaching 86.1% for the validation value. This learning media is said to be practical because based on the assessment of the student response questionnaire got percentage of 77.7%. The next ceriterion is that the learning media is declared effective and there ia a significant difference between the results of student scores before and after using the e-module, there is also an increase as evidenced by the average n-gain score of 0.79.
Keywords: development, learning media, interactive e-module, android, data presentation.