Pengembangan E-modul Berbasis Flipbook Maker Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran
Development of Flipbook Maker-Based E-module in Office Technology Subjects
Tujuan dari penelitian ini pengembangan e-modul berbasis flipbook maker pada mata pelajaran teknologi perkantoran ini yaitu 1)untuk mengetahui proses pengembangan e-modul berbasis flipbook maker pada mata pelajaran teknologi perkantoran; 2)kelayakan pengembangan e-modul berbasis flipbook maker pada mata pelajaran teknologi perkantoran; 3)respons siswa terhadap pengembangan e-modul berbasis flipbook maker pada mata pelajaran teknologi perkantoran. Jenis metode penelitian ini adalah Research And Development dengan menggunakan model ADDIE yang terdapat lima tahapan yaitu Analysis (analisis data), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), Evaluation (evaluasi). Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan yaitu terdiri dari lembar validasi ahli materi, media, bahasa dan hasil angket respons siswa SMKN 1 Sooko Mojokerto. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil dari validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 85%, ahli media sebesar 92%, ahli bahasa sebesar 88% pengembangan e-modul berbasis flipbook maker pada mata pelajaran teknologi perkantoran memperoleh kategori “sangat layak” secara keseluruhan persentase yang diperoleh 88,33% dan hasil angket respons siswa memperoleh persentase 95,45%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul berbasis flipbook maker pada mata pelajaran teknologi perkantoran sangat layak untuk diterapkan di SMKN 1 Sooko Mojokerto.
Kata Kunci : Modul Elektronik; Flipbook Maker; Teknologi Perkantoran
The purpose of this research is the development of flipbook maker-based e-modules in office technology subjects, namely 1)to know the process of developing flipbook maker-based e-modules in office technology subjects; 2)feasibility of developing flipbook maker-based e-modules in office technology subjects; 3) student response to the development of flipbook maker-based e-modules in office technology subjects. This type of research method is Research And Development using the ADDIE model which has five stages, namely Analysis (data analysis), Design (planning), Development (development), Implementation (application), Evaluation (evaluation). In this study, the instrument used consists of expert validation sheets of materials, media, language and response results of SMKN 1 student Sooko Mojokerto. This is evidenced by the results of validation of material experts obtained a percentage of 85%, media experts by 92%, linguists by 88% of flipbook maker-based e-module development in office technology subjects obtained the category of "very decent" overall percentage obtained 88.33% and student response questionnaire results obtained a percentage of 95.45%. So it can be concluded that the development of flipbook maker-based e-modules in office technology subjects is very feasible to apply in SMKN 1 Sooko Mojokerto.
Keywords : Electronic Modul; Flipbook Maker; Office Technology