EFFECT OF PRODUCT ATTRIBUTES ON THE PURCHASING DECISION OF MORINGA OILEFERA NIZA MASK
Produk masker Moringa Oilefera “Niza” memerlukan peningkatan penjualan. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Untuk meningkatkan keputusan pembelian, maka perlu diperhatikan atribut-atribut yang ada dalam produk tersebut. Atribut-atribut dalam produk masker yang dipertimbangkan oleh konsumen sebelum melakukan pembelian di antaranya yaitu kualitas produk, fitur produk, dan desain produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk yang terdiri dari kualitas produk, fitur produk, dan desain produk terhadap keputusan pembelian masker Moringa Oilefera “Niza”. Populasi penelitian ini adalah seluruh pembeli masker Moringa Oilefera “Niza”. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling, sedangkan jumlah sampel dilakukan dengan melakukan perhitungan dengan rumus Lameshow. Dari perhitungan tersebut diperoleh responden atau sampel penelitian sebanyak 54 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner online. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier berganda, uji T, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikanis 0,000; (2) fitur produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,799; (3) desain produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,678; (4) kualitas produk, fitur produk, dan desain produk memiliki pengaruh sebesar 63,5% terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisannya yakni 26,5% adalah kontribusi dari variabel di luar penelitian ini.
“Niza” Moringa Oilefera mask products require increased sales. This can be done by increasing consumer purchasing decisions. To improve purchasing decisions, it is necessary to consider the product attributes. The attributes in mask products that are considered by consumers before doing a purchase are product quality, product features, and product design. This study aims to determine the effect of product attributes consisting of product quality, product features, and product design on the purchasing decision of the mask "Niza" Moringa Oilefera. The population of this study was all buyers of the Moringa Oilefera mask "Niza". The sample of this study was determined by purposive sampling technique, while the number of samples was carried out by doing calculations with the Lameshow formula. From these calculations obtained respondents or research samples 54 people. Data collection techniques are done by online questionnaire. The data analysis technique was performed by multiple linear regression analysis, T test, and F test. The results showed that (1) product quality had a significant positive effect on purchasing decisions with a significance value of 0.000; (2) product features haven’t significant effect on purchasing decisions with a significance value of 0,799; (3) the product design haven’t significant effect on purchasing decisions with a significance value of 0,678; (4) product quality, product features, and product design have an effect of 63.5% on purchasing decisions, while the composition ie 26.5% is the contribution of variables outside this study.