MOTIVASI TERHADAP PEMBELAJARAN PJOK MATERI BULUTANGKIS DI MASA PANDEMI PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 21 SURABAYA
MOTIVATION TOWARDS LEARNING OF BACKGROUND MATERIALS IN THE PANDEMIC TIME OF XII CLASS STUDENTS OF SMA NEGERI 21 SURABAYA
Bulutangkis merupakan olahraga yang efektif untuk dijadikan aktivitas fisik sehari-hari karena menyenangkan dan mudah dilakukan di mana saja. Dengan demikian, peserta didik diharapkan termotivasi untuk melakukannya. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui tingkat motivasi peserta didik dalam melakukan aktivitas fisik melalui permainan bulutangkis yang dianggap olahraga menyenangkan saat dilakukan di rumah pada masa pandemi saat ini. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method) yang bersumber dari sumber data dan informasi respondent dengan menggunakan kuesioner berupa angket yang berisi sejumlah pernyataan lalu diberikan kepada respondent, serta dengan interview dan observasi. Interview yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan zoom untuk mengetahui pendapat respondent dan setelah itu ditranskripsikan ke dalam tulisan. Respondent pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMA Negeri 21 Surabaya. Dengan sampel yang digunakan sebanyak 30 peserta didik yang dipilih secara acak, karena karakteristik peserta didik dianggap relatif sama. Berdasarkan hasil dari data yang masuk, sebanyak 73,3% peserta didik dari jumlah keseluruhan memberikan respon positif. Hal ini juga disampaikan peserta didik pada interview bahwa materi bulutangkis mudah dilakukan di mana saja dan tidak harus di dalam gedung. Berdasarkan hasil observasi peserta didik lebih semangat dalam melakukan pembelajaran, Hal ini ditandai dengan seringnya peserta didik bertanya dan memberikan pendapat saat pembelajaran. Dapat disimpulkan. bahwa motivasi pembelajaran jasmani pada peserta didik kelas XII SMA Negeri 21 Surabaya sangat berpengaruh terhadap semangat peserta didik dalam melakukan setiap aktivitas olahraga di rumah.
Badminton is an effective sport to be used as a daily physical activity because it is fun and easy to do anywhere. Thus, students are expected to be more motivated to do the exercise. The purpose of this study was to determine the level of students's motivation in doing physical activity through badminton, which is considered a fun sport that can be done at home during the current pandemic. This study uses a mixed method which is sourced from the respondent's data and information gathered by using a questionnaire which contains a number of statements given to the respondent, as well as by using interview and observation. The interviews in this study is conducted through zoom to determine the respondent's opinion which will then be transcribed into writing. Respondents in this study were students of class XII SMA Negeri 21 Surabaya. This research used as many as 30 students who were randomly selected as samples because the characteristics of students were considered relatively similar. Based on the results of the data entered, 73.3% of the students gave a positive response. This was also conveyed by students in the interview that badminton material is easy to do anywhere and does not have to be in a building. Based on the results of observations of students, they are more enthusiastic about learning. This is indicated by the frequency of students asking questions and giving opinions during learning. It can be concluded that the motivation of physical learning in class XII students of SMA Negeri 21 Surabaya is very influential on the enthusiasm of students in doing any sports activities at home.