THE EFFECT OF QR-CODE LEARNING MEDIA BASED ON PROBLEM LEARNING ON RATIONAL THINKING ABILITY IN CLASS X STUDENTS OF SMAN 3 SIDOARJO
Perkembangan ilmu teknologi yang kian melesat menjadikan seluruh lapisan masyarakat menitikberatkan segala aspek dengan teknologi. Perkembangan teknologi memberikan banyak pengaruh terhadap proses pembelajaran di Indonesia terlebih pada teknologi informasi, peran guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran dituntut untuk mampu menciptakan inovasi pembelajaran yang kreatif sesuai perkembangan zaman agar mampu meningkatkan minat belajar dan keterampilan berpikir siswa secara maksimal. Dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai salah satu perangkat pembelajaran berpotensi meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu bagian dari teknologi informasi yakni QR-Code, media QR-Code menjadi wadah dalam memberikan akses materi atau informasi pembelajaran secara mudah dan praktis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari media pembelajaran QR-Code berbasis problem learning terhadap kemampuan berpikir rasional siswa kelas X SMAN 3 Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desiain penelitian Quasi Eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran QR-Code berbasis problem learning (X), dan variable terikat adalah kemampuan berpikir rasional (Y). Hasil penelitian menunjukan bahwa presentase nilai rata-rata dari tes kemampuan berpikir rasional yang diperoleh oleh kelas eksperimen sebesar 82,44% kriteria “sangat baik”, dan presentase kelas kontrol sebesar 78,59% kriteria “baik”, serta nilai dari thitung>ttabel yakni sebesar 4.839>1669. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang artinya terdapat pengaruh dari media pembelajaran QR-Code berbasis problem learning terhadap kemampuan berpikir rasional siswa kelas X SMAN 3 Sidoarjo.
Kata kunci : Media, QR-Code, berpikir rasional
The rapid development of technology has made all levels of society focus on all aspects of technology. Technological developments have had a lot of influence on the learning process in Indonesia, especially on information technology, the teacher's role as a facilitator in the learning process is required to be able to create creative learning innovations according to the times so as to be able to maximize students' interest in learning and thinking skills. Utilizing information technology as a learning tool has the potential to increase students' active involvement in the learning process. One part of information technology, namely the QR-Code, QR-Code media is a container for providing easy and practical access to learning material or information. This study aims to determine whether or not there is an influence of problem learning-based QR-Code learning media on the rational thinking skills of class X students of SMAN 3 Sidoarjo. The research method used is a quantitative method with a quasi experimental research design. The independent variable in this study is learning media QR-Code based on problem learning (X), and the dependent variable is the ability to think rationally (Y). The results showed that the percentage of the average score of the rational thinking ability test obtained by the experimental class was 82.44% of the "very good" criteria, and the percentage of the control class was 78.59% of the "good" criteria, and the value of tcount> ttable which is 4,839> 1669. So it can be concluded that there is a difference, which means that there is an influence from problem learning based QR-Code learning media on the rational thinking skills of class X students of SMAN 3 Sidoarjo.
Keywords : Media, QR-Code, rational thinking