ABSTRAK
PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK TUNAGRAHITA KELAS V DI SLB TUNAS KASIH SURABAYA
Nama : Elvina Febrianti Asterita
NIM : 16020163015
Program Studi : D3 Desain Grafis
Jurusan : Desain
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Tri Cahyo Kusumandyoko, S.Sn., M.Ds.
Keterbatasan fisik dan mental mempengaruhi proses belajar untuk anak, khususnya anak tunagrahita yang sangat mendominasi di Indonesia. Anak tunagrahita merupakan anak yang mengalami keterbatasan dalam berfikir. Pengajarannya menggunakan metode pengulangan. Seperti permasalahan yang ada di SLB Tunas Kasih Surabaya, yang memiliki salah satu kelemahan dalam media pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah, yaitu menggunakan media manual yang membosankan dan kurang memanfaatkan teknologi. Proses pengumpulan data melalui studi literatur, observasi dan wawancara. Dengan demikian telah dirancang permainan edukasi pengenalan huruf hijaiyah untuk anak tunagrahita kelas V di SLB Tunas Kasih Surabaya berjudul “Ayo Mengenal Huruf Hijaiyah”. Setelah proses perancangan game ini diselesaikan, kemudian game ini diaplikasikan langsung ke SLB Tunas Kasih Surabaya dengan hasil respon yang positif dari anak tunagrahita. Mereka merasa sangat senang dan respon dari masyarakat melalui rating dan ulasan yang ada di Google Play Store juga sangat positif dan membangun.
kata kunci: Game Edukasi, Tunagrahita, Teknologi
ABSTRACT
DESIGNING EDUCATION GAME FOR INTRODUCTION TO HIJAIYAH LETTERS FOR MENTALLY DISABLED FIVE LEVEL KIDS AT SLB TUNAS KASIH SURABAYA
Name : Elvina Febrianti Asterita
Study Program : D3 Graphic Design
Departement : Design
Faculty : Language and Art
Institution Name : Universitas Negeri Surabaya
Advisor : Tri Cahyo Kusumandyoko, S.Sn., M.Ds.
Physical and mental limitations will always affects learning process of kids. Especially in kids with mentally disabled that happened to have limitations to their thoughts, which is dominating in Indonesia. Repetition methods usually needed when teaching them. One of the problems at SLB Tunas Kasih Surabaya, which had weakness in teaching introduction to hijaiyah letters is still using monotonous traditional media and less uses of technology. Data collection process would be using literature study, observation, and interview. Therefore, it has been designed an education game introduction to hijaiyah letters for five level mentally disabled kids at SLB Tunas Kasih Surabaya titled “Ayo Mengenal Huruf Hijaiyah”. After designing process of this game has been done, this game would be given directly to SLB Tunas Kasih Surabaya and get positive responses from mentally disabled kids who felt very happy and the people from the ratings and reviews of this game from Google Play Store also very positives and constructive.
Keywords: Education Game, Mentally disabled, Technology