DINAMIKA E-COMMERCE DI INDONESIA TAHUN 1999-2015
DYNAMICS OF E-COMMERCE IN INDONESIA IN 1999-2015
Perkembangan teknologi yang begitu pesat mendorong setiap manusia untuk terus berinovasi, salah satunya adalah dalam hal berbelanja atau melakukan perdagangan agar semakin mudah cepat dan aman, e-commerce menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan keefisienan dalam melakukan transaksi jual-beli. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis latar belakang munculnya e-commerce pada tahun 1999, 2) Menganalisis kebijakan pemerintah terhadap berkembangnya e-commerce pada tahun 1999-2015, dan 3) Menganalisis dampak e-commerce terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 1999-2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Sumber yang digunakan terbagi menjadi dua yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer yang digunakan peneliti berupa hasil penuturan/wawancara dari pemilik e-commerce di platform YouTube, data statistik yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Indonesia dan Website penyedia data-data seperti data pertumbuhan ekonomi Indonesia, pertumbuhan nilai e-commerce, dan data terkait Undang-Undang yang berisi tentang e-commerce, dengan data tersebut dapat menjadi acuan peneliti untuk menganalisis perkembangan serta dampak e-commerce bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia. Kemudian sumber sekunder yang digunakan peneliti berupa buku dan jurnal hasil penelitian terdahulu yang berkaitan dengan e-commerce pada tahun 1999-2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahun 1999 menjadi awal munculnya e-commerce yang di akibatkan pengguna internet yang mulai masuk ke Indonesia, pertumbuhan jumlah pengguna internet di Indonesia mendorong ide untuk mewujudkan e-commerce sebagai solusi keefisienan dalam sebuah perdagangan. Perkembangan e-commerce naik tiap tahunnya dan mengalami puncak pada tahun 2015, peran pemerintah dalam me regulasi peraturan perdagangan serta Undang-Undang salah satunya pada pasal 9 Undang-Undang nomor 11 tahun 2008 terkait perlindungan konsumen membuat e-commerce semakin mendapat minat dari masyarakat. Dampak dari perkembangan e-commerce yang begitu pesat memberikan nilai positif bagi perekonomian Indonesia salah satunya terhadap pendapatan negara dari barang atau pajak yang semakin naik tiap tahunnya, yang mana menurut data dari Badan Pusat Statistik Indonesia perekonomian negara Indonesia naik 5-10% tiap tahunnya pada sektor e-commerce.Kata Kunci: E-commerce, Perekonomian, Perdagangan Online
The rapid development of technology encourages every human being to continue to innovate, one of which is in terms of shopping or trading to make it easier, faster and safer, e-commerce is one of the solutions to solve the problem of efficiency in buying and selling transactions. The objectives of this study are: 1) to analyze the background of the emergence of e-commerce in 1999, 2) to analyze the role of the government in the development of e-commerce in 1999- 2015, and 3) to analyze the impact of e-commerce on Indonesia's economic growth in 1999-2015? The methods used in this study include heuristics, criticism, interpretation, and historiography. The sources used are divided into two, namely primary sources and secondary sources. The primary sources used by researchers are the results of accounts / interviews from e-commerce owners on YouTube, statistical data obtained from the Indonesian Central Bureau of Statistics and websites that provide data such as data on Indonesia's economic growth, growth in e-commerce value and data related to laws. The law which contains e-commerce, with this data can be a reference for researchers to analyze the development and impact of e-commerce on Indonesia's economic growth. Then the secondary sources used by researchers are books and journals from previous research related to e-commerce in 1999-2015. The results of this study indicate that in 1999 the emergence of e-commerce was the result of internet users entering Indonesia, the growth in the number of internet users in Indonesia encouraged the idea of realizing e-commerce as an efficiency solution in a trade. The development of e-commerce increases every year and has a peak in 2015, the role of the government in regulating trade regulations and laws, one of which is in article 9 of Law number 11 of 2008 related to consumer protection, making e-commerce more and more attractive to the public. The impact of the rapid development of e-commerce has provided positive values for the Indonesian economy, one of which is the country's income from goods or taxes which is increasing every year, which according to data from the Indonesian Central Statistics Agency, the Indonesian economy increases by 5-10% annually in e-commerce sector.
Keywords: E-commerce, Economy, Online Trading