PENGEMBANGAN TRAINER PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK MOTOR LISTRIK AC 3 FASA SEBAGAI MEDIA PRAKTIKUM
Media dalam hal pembelajaran pada dunia pendidikan merupakan sebuah perantara agar dapat memberitahukan pemahaman terhadap penerima pada saat melakukan pembelajaran agar bisa mendapatkan pemahaman, keahlian, dan nilai-nilai positif. Pemanfaatan media merupakan bagian yang harus mendapat perhatian dari tenaga pendidik untuk setiap aktivitas belajar mengajar. Tampilan dari media trainer akan memperjelas sajian ide, menggambarkan fakta yang bisa cepat di lupakan ketika tidak di visualkan. Trainer ditujukan supaya dapat menunjang pembelajaran siswa dalam menerapkan pemahaman atau konsep yang diperoleh benda nyata. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dari penelusuran artikel penelitian ilmiah dengan mengambil data jurnal penelitian mahasiswa S1 yang sudah melakukan mengambil teknik pengumpulkan data. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan (kevalidan, kepraktisan, keefektifan) pembelajaran menggunakan media pengembangan trainer pengendali elektromagnetik ditinjau dari hasil belajar siswa. Hasil penelitian pada aspek validitas dinyatakan sangat valid dengan rerata 85,11%, aspek dari segi kepraktisan yang ditinjau dari respon peserta didik dengan rerata 86,49% atau pada kategori sangat praktis, terdapat peningkatan yang cukup signifikan dari hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media trainer pengendali elektromagnetik untuk kategori sangat efektif dengan rerata 86,43%. Berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan maka pengembangan media trainer pengendali elektromagnetik sebagai bahan ajar peserta didik sangat layak dengan rerata total 86,01%. Sehingga dapat dipergunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: Trainer Pengendali Elektromagnetik, Kelayakan, Pengembangan
Media in terms of learning in the world of education is an intermediary in order to be able to tell the recipients knowledge at the time of learning activities in terms of efforts to gain knowledge, skills, and other positive values. Using the media is a part that can get the attention of the teacher for each learning activity. Appearances from media trainers to clarify ideas, ilustrate or decorate facts that can be easily forgotten if not visualized or displayed. Trainer aims to be able to support student to aplly knowledge or concepts acquired by real objects. This research uses the literature study method from searching scientific research articles by taking data from research journals of students who have conducted data collection techniques. The purpose of this study was to determine the feasibility (validity, practicality, effectiveness) of learning using the media development of electromagnetic control trainers in terms of the learning outcomes of students. The results of the research on the aspect validity stated to be very valid with an average of 85,11%, aspects of practicality aspects seen from the students' responses with an average of 86,49% or in the very practical category, there was a significant improvement in student learning outcomes between before and after using the electromagnetic control media trainer in the very effective category with an average of 86,43%. Based on the validity, practicality, and effectiveness aspects, the development of electromagnetic control media trainers as teaching materials for students is very feasible with a total average of 86,01%. So it can be used to improve student learning outcomes.
Keywords: Electromagnetic Control Trainer, Feasibility, Development.