ABSTRAK
Wijanarko, Hari. 2021. Pengaruh
Media Video Terhadap Motivasi & Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata
Pelajaran Dasar – Dasar Konstruksi Bangunan Kelas X – DPIB SMK Negeri 2
Surabaya . Tesis. Program Studi Teknologi Pendidikan, Pascasarjana,
Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing : (1). Prof. Dr. H. Rusijono, M.Pd. dan (2). Dr. H. Bachtiar S. Bachri, M.Pd.
Kata-kata
kunci
: Media Video, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Kognitif.
Kurangnya
penggunaan media pembelajaran inovatif dalam kelas membuat siswa menjadi sangat
terpaku dan kurang terbuka wawasan dalam menggali lebih dalam informasi yang
diberikan oleh guru. Hal tersebut membuat siswa terlihat kurang termotivasi,
jenuh, dan kurang memperhatikan apa yang di instruksikan oleh guru. Melihat
kondisi tersebut, dapat dipastikan semangat belajar siswa terlihat menurun,
menurunnya semangat belajar seorang siswa akan berpengaruh pada hasil belajar
siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Media Video Terhadap Motivasi &
Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar – Dasar Konstruksi
Bangunan.
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi
Eksperimental Design
dengan model Nonequivalent Control Group
Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode
Interview dan Kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji Independent Samples T-Test.
Berdasarkan
hasil Uji Independent Samples T-test ,
diketahui nilai Pre-Motivasi 1
sebesar 0,676 > 0,05 dan Pre-Motivasi
2 sebesar 0,060 > 0,05. Artinya, terbukti tidak ada perbedaan motivasi
yang signifikan antara Pre-Motivasi 1
dengan Pre-Motivasi 2 . Selanjutnya, Nilai
Motivasi 1 sebesar 0,049 < 0,05 dan Motivasi 2 sebesar 0,043 < 0,05. Artinya, terbukti ada perbedaan motivasi yang
signifikan antara Motivasi 1 dengan Motivasi 2. Sedangkan untuk analisis hasil
belajar kognitif diketahui nilai Pre-test
1 sebesar 0,154 > 0,05 dan nilai Pre-test
2 sebesar 0,083 > 0,05. Artinya, terbukti
tidak ada perbedaan yang signifikan antara nilai pretest 1 dengan nilai pretest
2 . Selanjutnya berdasarkan analisis hasil belajar kognitif Post-test 1 sebesar 0,003 < 0,05 dan Post-test 2 sebesar 0,006 < 0,05.
Artinya, terbukti ada perbedaan yang signifikan antara nilai Post-Test 1 dengan Post-Test 2 .