Peran Manajerial Kepala Sekolah Pada Program Sekolah Penggerak di SMA Labschool Unesa 1
The Managerial Role of The Principal In The Driving School Program at SMA Labschool Unesa 1
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran manajerial kepala sekolah pada Program Sekolah Penggerak di SMA Labschool Unesa 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengambilan data penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran manajerial kepala sekolah pada Program Sekolah Penggerak di SMA Labschool Unesa 1 yakni: 1) peran kepala sekolah dalam merencanakan Program Sekolah Penggerak dengan memperkenalkan Program Sekolah Penggerak kepada pendidik melalui sosialisasi, kemudian menyusun dokumen-dokumen pembelajaran seperti KOSP, modul ajar, perangkat dan bahan ajar yang digunakan untuk acuan dalam proses pembelajaran. Setelah itu, kepala sekolah memperkenalkan Program Sekolah Penggerak kepada masyarakat atau wali murid berupa brosur dan pengadaan parenting; 2) peran kepala sekolah dalam mengorganisasikan Program Sekolah penggerak dengan membentuk Tim Komite Pembelajaran Program Sekolah Penggerak; 3) peran kepala sekolah dalam menggerakkan Program Sekolah Penggerak dengan mengikutsertakan pendidik pada pelatihan In House Training (IHT), mengadakan seminar secara internal untuk pendidik, dan memberikan arahan dalam pengelolaan kurikulum dan penyesuaian modul yang berkaitan dengan P5 pada KIPIN School; 4) peran kepala sekolah dalam pengawasan Program Sekolah Penggerak melalui monitoring yang dilakukan setiap hari dan evaluasi yang dilakukan dalam bentuk supervisi dan rapat evaluasi.
This study aims to describe the managerial role of the principal in the Driving School Program at SMA Labschool Unesa 1. This research uses a qualitative approach with a case study research design. The data collection technique for this research was through interviews, observation, and documentation studies with data analysis techniques using data condensation, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the managerial role of the school principal in the Driving School Program at SMA Labschool Unesa 1 namely: 1) the role of the principal in planning the Driving School Program by introducing the Driving School Program to educators through socialization, then compiling learning documents such as KOSP, teaching modules, teaching tools and materials used for reference in the learning process. After that, the school principal introduced the Driving School Program to the community or student guardians in the form of brochures and parenting arrangements; 2) the role of school principals in organizing the Driving School Program by forming the Learning Committee Team for the Driving School Program; 3) the role of school principals in driving the Driving School Program by involving educators in In House Training (IHT) training, holding seminars internally for educators, and providing direction in curriculum management and module adjustments related to P5 at KIPIN Schools; 4) the role of the school principal in supervising the Driving School Program through monitoring which is carried out every day and evaluation which is carried out in the form of supervision and evaluation meetings.