KOMMUNIKATIVE MINIMALEINHEITEN DALAM KALIMAT ELIPSIS PADA IKLAN PERUSAHAAN LIEFERANDO.DE DI JERMAN
KOMMUNIKATIVE MINIMALEINHEITEN IN ELLIPSIS SENTENCES IN LIEFERANDO.DE COMPANY ADVERTISING IN GERMANY
Bagi suatu perusahaan yang memproduksi barang atau hanya memberikan layanan jasa kepada publik, iklan merupakan kunci penting sebagai media promosi dan pemasaran agar calon konsumen tertarik untuk membeli produk atau memakai layanan jasa perusahaan tersebut. Selain poster yang bagus dan menarik sebagai kunci visual, kalimat iklan yang menjadi kepala berita dalam suatu poster iklan juga memiliki andil yang signifikan untuk menarik perhatian konsumen terhadap barang atau jasa yang ditawarkan. Sebagai perusahaan yang menawarkan jasa pengiriman makanan, Lieferando.de memiliki beberapa kalimat iklan yang konstruksi kalimatnya tidak lengkap. Tentunya kalimat iklan yang tidak lengkap tersebut bertujuan untuk menarik perhatian calon pengguna jasa Lieferando.de. Lebih spesifik kalimat iklan Lieferando.de yang dipilih oleh penulis adalah kalimat dengan konstruksi yang beberapa unsur kalimatnya dilesapkan. Selanjutnya kalimat iklan tersebut akan diteliti oleh penulis agar diketahui apa yang dimaksud dan tujuan kalimat iklan tersebut. Penelitian ini berkaitan dengan Kommunikative Minimaleinheiten dalam kalimat elipsis pada iklan perusahaan Lieferando.de di jerman (kajian stilistika sintaksis). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif terkait dengan data yang dipilih. Peneliti menggunakan teori Halliday (1976) dan teori Searle (1969) untuk menganalisis data. Peneliti memperoleh data sebanyak lima (5) poster iklan dari laman iklan makanan online. Data yang diperoleh berupa poster iklan yang mengandung kalimat elipsis. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif pada penelitian ini. Hasil data yang dianalisis menunjukkan bahwa empat (4) iklan perusahaan Lieferando.de menggunakan elipsis serta satu (1) iklan yang tidak menggunakan pelesapan karena verba yang digunakan dapat menjadi verba intransitif. Pada empat iklan yang menggunakan kalimat elipsis ditemukan dua (2) iklan yang termasuk dalam kategori elipsis leksikal karena yang dilesapkan berupa verba utama, yakni essen dan auswählen. Selanjutnya peneliti menemukan dua (2) iklan yang termasuk dalam kategori elipsis operator karena yang dilesapkan adalah kata kerja bantu berupa dürfen dan haben. Pada lima (5) data tersebut termasuk dalam daya ilokusi anjuran. Iklan Lieferando.de yang diteliti menggunakan elipsis dan daya ilokusi anjuran untuk menyampaikan pesan secara sederhana dan membuat konstruksi kalimat yang unik.
For a company that produces goods or only provides services to the public, advertising is an important key as a promotional and marketing so that potential consumers are interested in buying products or using the company's services. In addition to a good poster as a visual key, the advertising sentence that becomes the headline in an advertising poster also has a significant role in attracting consumers' attention to the goods or services offered. As a company that offers food delivery services, Lieferando.de has several advertising sentences with unique sentence construction. Of course, the unique advertising sentence aims to attract the attention of potential Lieferando.de service users. More specifically, the Lieferando.de ad sentence chosen by the author is a sentence with a construction in which several elements of the sentence are applied. Furthermore, the ad sentence will be examined by the author so that we know what is meant and the purpose of the ad sentence. This research is related to Kommunikative Minimaleinheiten in ellipsis sentences in the advertisement of the company Lieferando.de in Germany (study of syntactic stylistics). This research is a qualitative research related to the selected data. Researchers used Halliday's theory (1976) and Searle's theory (1969) to analyze the data. Researchers obtained data for five (5) advertising posters from online food advertising pages. The data obtained in the form of advertising posters containing ellipsis sentences. Researchers used a qualitative descriptive method in this study. The results of the data analyzed showed that four (4) advertisements of the Lieferando.de company used ellipsis and one (1) advertisement that did not use punctuation because the verbs used could be intransitive verbs. In the four advertisements that use ellipsis sentences, there are two (2) advertisements that fall into the category of lexical ellipsis because the main verbs are essen and auswählen. Furthermore, the researcher found two (2) advertisements that were included in the operator ellipsis category because the auxiliary verbs were dürfen and haben. In five (5) the data are included in the illocutionary power of suggesting. The Lieferando.de advertisement which was researched using ellipsis and illocutionary power suggested to convey the message in a simple way and create a unique sentence construction.