PENGARUH E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK
THE EFFECT OF E-WOM ON DECISION PURCHASING FOR COSMETIC PRODUCT
Penelitian ini membahas tentang pengaruh ulasan atau Electronic Word Of Mouth (E-WOM) terhadap keputusan pembelian produk kosmetik di platform belanja online. E-WOM (Electronic Word of Mouth) adalah pernyatan positif atau negatif yang dibuat oleh pemakai atau mantan pemakai tentang suatu produk, jasa, atau perusahan melalui internet. Objek dalam penelitian ini adalah jelita cosmetic, ia adalah salah satu online shop yang menggunakan akun e-commerce sebagai media penjualnya. Berdiri sejak tahun 2005 dan memiliki tiga offline store (Surabaya, Yogyakarta, Jakarta). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dalam pemilihan objek, jelita cosmetic menjadi salah satu online shop yang dirujuk oleh masyarakat untuk berbelanja kosmetik secara online. Penelitian ini menggunakan empat variabel E-WOM yaitu intensitas, komentar positif, komentar negatif dan konten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantiatif dengan metode regresi linier berganda. Teknik pengambilan yang digunakan untuk mengambil sample adalah Probability Sampling dan cara untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan simple random sampling yaitu dengan cara membagikan kuisioner online kepada 400 followers aktif jelita cosmetic. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, secara simultan seluruh variabel E-WOM berpengaruh terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 46.6% dan variabel E-WOM yang paling besar dalam mempengatuhi keputusan pembelian yaitu komentar positif dengan nilai 10.747.
This study discusses the effect of reviews or Electronic Word Of Mouth (E-WOM) on the purchase decisions of cosmetic products on online shopping platforms. E-WOM (Electronic Word of Mouth) is a positive or negative statement made by a user or former user about a product, service, or company via the internet. The object in this study is Jelita cosmetic, it is an online shop that uses e-commerce accounts as the seller's media. Founded in 2005 and has three offline stores (Surabaya, Yogyakarta, Jakarta). Based on the results of research conducted by researchers in the selection of objects, cosmetic beauty is one of the online shops referred by the public to shop for cosmetics online. This study uses four E-WOM variables, namely intensity, positive comments, negative comments, and content. This study uses a quantitative approach with multiple linear regression methods. The sampling technique used to take samples is Probability Sampling and the way to collect data is to use simple random sampling by distributing online questionnaires to 400 active followers of cosmetic beauty. Based on the results of research that has been carried out, all E-WOM variables simultaneously influence the purchase decision of 46.6% and the E-WOM variable that is the biggest in influencing the purchase decision is positive comments with a value of 10,747.