Campuspedia merupakan start-up bidang pendidikan yang cukup dikenal oleh generasi milenial sebagai platform pendidikan yang menyediakan informasi seputar perkuliahan, beasiswa, dan seleksi ujian Perguruan Tinggi Negeri. Campuspedia memiliki beberapa layanan yang cukup lengkap untuk siswa SMA, mahasiswa, hingga fresh graduates. Campuspedia sudah mengalami perkembangan yang cukup baik dalam mengembangkan sistem yang dimilikinya agar memudahkan konsumennya. Pertumbuhan start-up Campuspedia yang cukup baik tidak dapat dikesampingkan dari faktor internal yang mempengaruhinya dilihat dari perspektif perusahaan. Faktor internal tersebut terdiri dari empat komponen penting diantaranya marketing, human resource, financial, dan operational/technical. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk dapat melihat faktor internal dalam pertumbuhan start-up Campuspedia dari perspektif perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan faktor internal dari perspektif perusahaan yang merupakan komponen penting yang harus dikelola dengan baik agar dapat mempercepat pertumbuhan start-up. Faktor internal dalam Campuspedia saat ini sudah mengalami pertumbuhan yang lebih baik dengan pengembangan sistem website yang mempermudah konsumen dan followers, sosial media yang berisi konten informasi bermanfaat, pengelolaan keuangan yang cukup baik, hingga pengelolaan karyawan yang sudah lebih baik. Peneliti menyarankan perusahaan untuk tetap menjaga sistem controlling pada seluruh aspek perusahaan dan menjaga komunikasi dengan baik antara tim inti dengan karyawan baru dan anggota internship.
Campuspedia is a start-up in the field of education that is well known by the millenial generation as an educational platform that provides information about lectures, scholarships, and selection of State Higher Education exams. Campuspedia has several services that are quite complete for high school students, college students, and fresh graduates. Campuspedia has progressed quite well in developing its system to make it easier for its consumers. Campuspedia’s fairly good start-up growth cannot be ruled out from the internal factors that influence it from the company’s perspective. These internal factors consist of four important components, including marketing, human resources, finance, and operational/technical. This study uses a descriptive method with a qualitative approach with the aim of being able to see the internal factors in the growth of Campuspedia start-up company’s perspective. The results show that internal factors from the company’s perspective are important components that must be managed properly in order to accelerate the growth of start-up. Internal factors in Campuspedia are currently experiencing better growth, with the development of a website system that make it easier for consumers and followers, social media that contains useful information content, fairly good financial management, to better employee management. Researchers advise companies to maintain a controlling system in all aspects of the company and maintain good communication between the core team and new employees and internship members.