SMP
Negeri 2 Taman Sidoarjo yang berlokasi di Jl. Margerejo no. 76 Taman Sidoarjo.
Berdasarkan hasil wawancara awal dengan bapak Sri Widiastuti, S.Pd pada jurusan
IPA
kelas VII mendapatkan permasalahan dalam proses pembelajaran terutama pada mata
pelajaran IPA dimana
tidak adanya sumber belajar lain selain pendidik ini menyebabkan nilai teori
peserta didik tidak mencapai KKM yaitu minimal 75. Permasalahan yang terjadi
dapat diatasi dengan adanya media presentasi yang sudah disesuaikan dengan sarana dan
prasarana sekolah.
Tujuan
dari penelitian ini adalah menghasilkan media modul elektronik yang layak dan
efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan jenis penelitian yang digunakan menggunakan model
pengembangan ADDIE meliputi 5 tahap yaitu Analisys, Design, Development,
Implementation, Evaluation. Namun pada proses pengembangannya,
peneliti tidak melakukan prosedur produksi massal. Hal ini dikarenakan
pengembangan ini ditujukan kepada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo .
Metode
pengumpulan data yang digunakan untuk menguji kelayakan media adalah wawancara
terstruktur untuk ahli materi dan ahli media sedangkan untuk peserta didik
menggunakan angket. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas produk yang
dihasilkan adalah sebagai berikut : (1) menurut ahli materi menunjukkan
tingkatan baik ; (2) menurut ahli media
menunjukkan tingkatan baik ; (3) dari
uji coba perorangan 3 peserta didik (90,74%) (4) dari uji coba kelompok kecil 6
peserta didik (91,66%) (5) dari uji coba kelompok besar (92,06%). Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa produksi media pembelajaran memiliki kualitas
baik sebagai sumber belajar. Penilaian terhadap proses pembelajaran dengan
memanfaatkan media dengan r hitung 2. Efektivitas dari penggunaan media
terhadap peserta didik diperoleh berdasarkan pretest dan posttest, setelah data
yang diperoleh diolah makan mendapatkan t-hitung sebesar 21,14. Setelah
dibandingan dengan t-tabel (nilai t-tabel 2 1 ,045) maka dapat ditarik kesimpulan
bahwa media modul presentasi
untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.
Kesimpulan
dari penelitian (1) dari seluruh validasi kepada ahli media dan ahli materi,
uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar yang
dilakukan , dapat disimpulkan bahwa media presentasi mata pelajaran IPA tentang klasifikasi mahkluk hidup materi kingdom
animali ini
telah layak dan efektif dijadikan media pembelajaran. (2) Media presentasi ini berpengaruh
terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo dalam mata pelajaran IPA . Hal ini ditunjukkan dengan
tingginya nilai post test dibandingkan pre test setelah menggunakan media modul
elektronik. Saran (1) dalam menggunakan media presentasi diharapkan setiap
peserta didik memahami. (2) Sebelum menggunakan media presentasi , peserta didik diberi
penjelasan tentang isi materi yang ada di dalam media modul presentasi yang akan digunakan
Kata Kunci : SMP Negeri
2 Taman Sidoarjo, Klasifikasi Mahkluk Hidup, Kingdom Animalia , Media Presentasi