Kelompok bermain adalah salah satu program pendidikan luar sekolah yang memberikan pelayanan tentang pendidikan yang ditujukan bagi anak usia dini (0-6 tahun) yang dilakukan pemberian berbagai rangsangan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak baik secara jasmani maupun rohani agar memiliki kesiapan dalam memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis manajerial di kelompok bermain melalui fungsi manajemen yang meliputi; perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu Direktur PAUD yayasan, kepala sekolah dan pendidik. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah display data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. teknik triangulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan program kegiatan kelompok bermain melalui fungsi manajemen, yaitu pertama, perencanaan yang meliputi pembuatan keputusan mengenai cara atau strategi mewujudkan program, pengambilan keputusan untuk berbagai alternatif kegiatan yang akan dilaksanakan, mempersiapkan komponen pendidikan guna terlaksananya proses kegiatan belajar yang efektif dan efisien. Kedua, pengorganisasian yang meliputi pemerincian seluruh kegiatan, pembagian beban kerja, pengadaan dan pengembangan suatu mekanisme untuk mengkoordinasikan pekerjaan. Ketiga, penggerakan yang meliputi melaksanakan kegiatan yang sudah direncanakan, memberikan motivasi yang kuat untuk menggerakkan orang, menyelenggarakan pertemuan yang bisa menjadikan stimulasi dalam mengerjakan pekerjaan. Keempat, pengawasan yang meliputi mengetahui proses pekerjaan yang berjalan atau tidak, mampu memperbaiki kesalahan, mengetahui penggunaan anggaran yang sudah ditetapkan, mengetahui pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan, mengetahui hasil pekerjaan yang sudah dicapai dengan target hasil yang direncanakan, memberikan saran atau masukan tindak lanjut pekerjaan. Dari hasil yang diperoleh tersebut disarankan kepada pihak pengelola agar lebih inovatif dalam pengembangan program kegiatan.
Play Group is one of the non-formal education programs that provide services on education aimed at early childhood (0-6 years) which are carried out providing various stimuli to help the growth and development of children both physically and spiritually in order to have the readiness to enter further education, The purpose of this study is to analyze the play group managerials through a management function which includes; planning, organizing, implementing, and monitoring.
This study used a qualitative descriptive study. Subject of research is the founder and director of PAUD, principals and educators. Data collection using interviews, observation and documentation. The data analysis technique used is the display of data, data reduction, and conclusion. Triangulation techniques were conducted to explain the validity of the data using the triangulation.
The results of the research show that the activities of the play group through management functions: first, the planning involved in making decisions about how to create the program or strategy, making decisions for various alternative activities to be carried out, and preparing the education component for realizing the effective and efficient learning activities. Second, organizing, which includes the detail of all activities, distribution of workload, procurement and development of a mechanism to coordinate the work. Third, the mobilization, which includes carrying out planned activities, provides strong motivation to move people, organize meetings that can stimulate the work. Fourth, the supervision, which include: knowing the work process is running or not, be able to correct mistakes, determine the use of the budget that has been set, knowing implementation of the work in accordance with the plans that have been set, know the results of the work that has been achieved by the planned target results, provide suggestion or follow-up work. The results that obtained are suggested to the manager to be more innovative in developing programs.