IKLAN CETAK DINAS PARIWISATA KOTA YOGYAKARTA: ANALISIS WACANA MULTIMODAL
PRINT ADVERTISEMENTS USED BY TOURISM DEPARTMENT OF YOGYAKARTA GOVERNMENT: MULTIMODALITY DISCOURSE ANALYSIS
Iklan dalam industri pariwisata memiliki peran penting dalam mempromosikan destinasi wisata. Komponen iklan cetak pariwisata sangat penting untuk membangun makna dan menarik pembaca untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Dengan demikian, analisis iklan cetak pariwisata sangat penting untuk menciptakan makna yang baik melalui makna verbal, visual, dan representasi serta peran iklan cetak tersebut. Objek utama penelitian ini adalah tiga brosur iklan cetak pariwisata yang digunakan oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis data. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, dan angket. Penelitian ini menemukan unsur verbal dan visual pada brosur dimana komponen wajibnya adalah lead dan pengumuman. Sebaliknya, elemen yang hilang adalah tag, sedangkan makna representasi mengungkapkan hubungan yang lebih dalam antara objek iklan wisata dalam iklan di luar definisi. Peran iklan cetak dalam mempromosikan tempat wisata untuk menarik pengunjung menunjukkan keberhasilan melalui iklan cetak milik Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta yang sesuai dan memenuhi fungsi periklanan.
Kata kunci: multimodal, pariwisata, brosur, verbal, visual.
Advertisement in the tourism industry has an essential role in promoting tourist destinations. The components of the tourism print advertisement are crucial to build meaning and attract readers to visit tourist places. Thus, the analysis of tourism print advertisements is essential to create good meaning through verbal, visual, and representational meanings and the role of the print advertisement. The main object of this research is the three-tourism print advertising brochure used by the Tourism Department of the Yogyakarta Government. This research uses qualitative methods to analyze the data. This research data was collected using documentation, interview, and questionnaire techniques. This research finds verbal and visual elements in brochures where the mandatory components are lead and announcement. In contrast, the missing elements are tags, while representational meanings reveal deeper relationships between tourist advertisement objects in advertisements beyond definition. The role of print advertisements in promoting tourist attractions to attract visitors shows success through print advertisements belonging to the Tourism Department of Yogyakarta Government that are appropriate and fulfill the advertising function.
Keywords: multimodal, tourism, brochure, verbal, visual.