Ana
Dwi Octavia.
2021. Pengembangan
Media M-Learning Berbasis Aplikasi
Articulate Storyline Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Peserta Didik SMA
Negeri di Kota Probolinggo . Tesis, Program Studi Pendidikan
Ekonomi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr.Bambang
Suratman,M.Pd dan (II) Prof.
Dr Jun Surjanti,S.E.,M.Si
Kata Kunci:
M-Learning, Aplikasi Articulate
Storyline, Hasil Belajar
Penelitian
ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran M-Learning berbasis Aplikasi Articulate Storyline, untuk mengetahui
tingkat kelayakan media pembelajaran M-Learning
berbasis Aplikasi Articulate Storyline dan untuk menganalisis hasil
pembelajaran setelah menggunakan media pembelajaran M-Learning berbasis Aplikasi Articulate Storyline.Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan dengan melibatkan ahli materi, ahli media dan
ahli bahasa. Untuk mengukur keberhasilan belajar peserta didik menggunakan Uji
Test dengan sebelumnya menggunakan uji hipotesis yaitu uji homogenitas dan uji
normalitas.Pengembangan media pembelajaran M-Learning
berbasis Aplikasi Articulate Storyline telah memenuhi standar pendidikan sesuai
dengan silabus mata pelajaran ekonomi materi pendapatan nasional.
Berdasarkan
uji validitas diperoleh nilai 84,6 % dari
ahli materi, skor 96.6 % dari ahli media dan 95% dari ahli
bahasa yang berarti sangat baik dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran. N-Gain
dari Kelas eksperiment bernilai 0,72 lebih besar dari kelas kontrol yang
bernilai 0,50 yang berarti terdapat peningkatan tinggi kelas yang mendapatkan
perlakuan. Uji normalitas pre test nilai
signifikasinya 0,62 dan post test nilai
signifikasinya 0,051 kelas kontrol yang berarti sebaran data normal. Nilai
pre test pada kelas eksperiment bernilai signifikasi 0,632 sedangkan post test
nilai signifikasinya 0,53. Uji homogenitas kelas Eksperiment 0,518 dan nilai
siginifikasi kelas Kontrol bernilai 0,484 sehingga dapat dikatakan sebaran
datanya homogen. Begitu juga dengan Uji T nilai signifikasinya 0,000 maka dapat
disimpulkan adanya perubahan signifikan pembelajaran menggunakan media
pembelajaran M-Learning berbasis
Aplikasi Articulate Storyline. Hal ini juga diperkuat dengan nilai post test
kelas eksperiment bernilai 85,12 lebih tinggi daripada 74,07 pada kelas kontrol