PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI DISABILITAS NETRA MELALUI PEMBELAJARAN OLAHRAGA RENANG DI SLB YASMIN SUMENEP
IMPROVING THE CONFIDENCE OF BLIND DISABILITIES THROUGH SWIMMING SPORTS LEARNING AT YASMIN SLB SUMENEP
Abstrak
Karena keterbatasannya, penyandang tunanetra seringkali kurang percaya diri untuk bisa berinteraksi dengan orang lain. salah satu manfaat berenang ialah mempertinggi rasa percaya diri. Berenang bisa mendorong seseorang buat tumbuh sebagai pribadi yang berani, percaya diri tinggi serta berdikari.. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh pembelajaran olahraga renang terhadap peningkatan rasa percaya diri penyandang disabilitas netra di SLB Yasmin Sumenep. Penelitian ini menggunankan metode deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini ialah 5 orang peserta didik anak tunanetra pada SLB Yasmin Sumenep. Instrumen pada penelitian ini ialah angket percaya diri. hasil uji statistik menggunakan uji Paired T- Test di dapatkan tingkat signifikan sebanyak 0,039 ialah kurang dari 0,05 (p=0,039 < α=0,05). Kesimpulan : ada perbedaan rasa percaya diri Penyandang Disabilitas Netra sebelum dengan sesudah diberikan pembelajaran olahraga renang di SLB Yasmin Sumenep. Kesimpulan dari ini adalah pembelajaran olahraga renang dapat meningkatkan rasa percaya diri disabilitas netra.
Kata Kunci: Rasa percaya diri, Disabilitas netra, Olahraga renang
Abstract
Because of their limitations, blind people often lack the confidence to interact with other people. One of the benefits of swimming is to increase self-confidence. Swimming can encourage a person to grow as a person who is brave, self-confident and independent. The..purpose..of..this..study..was..to..determine..the..effect..of..learning to swim on increasing the self-confidence of people with visual impairments at SLB Yasmin Sumenep. This study uses a descriptive method using a quantitative approach. The subjects in this study were 5 students with visual impairments at SLB Yasmin Sumenep. The instrument in this study was a self-confidence questionnaire. The results of statistical tests using the Paired T-Test obtained a significant level of 0.039 which is less than 0.05 (p = 0.039 < = 0.05). Conclusion: there is a difference self-confidence of Persons with Blind Disabilities before and after being given swimming lessons at SLB Yasmin Sumenep. The conclusion from this is that learning to swim can increase the self-confidence of the visually impaired.
Keywords: self-confidence, visual disability, swimming sport