Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mengembangkan media dengan memanfaatkan kemajuan teknologi sehingga menjadi media yang menarik dan dapat menaikkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Multimedia Interaktif adalah media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti berbentuk media untuk PC/Komputer. Multimedia interaktif ini berisikan materi pembelajaran khususnya fungsi dan unsur warna pada mata pelajaran dasar desain grafis. Adapun fitur multimedia interaktif berisi kompetensi Dasar, materi, video dan soal latihan. Media Multimedia interaktif ini berbentuk aplikasi yang bisa digunakan menggunakan PC/Komputer baik disekolah maupun dirumah masing-masing siswa.
Validasi dari ahli media menunjukkan angka presentase sebesar 87,17%. Sehingga media masuk dalam kategori sangat layak digunakan. Untuk angket respon penggunaan multimedia interaktif memperoleh presentase sebesar 75,33% yang akan diberikan kepada siswa. Peneliti melakukan penelitian di SMK Negeri 1 Mojokerto pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan yang terdiri dari 34 siswa. Siswa tersebut mengerjakan pre-test yang dibagikan dimulainya pembelajaran dan post-test setelah pembelajaran selesai untuk memperoleh dan mengetahui hasil belajar dari penelitian ini.
Setelah menggunakan media multimedia interaktif diperoleh hasil yaitu adanya peningkatan terhadap nilai siswa. Dari nilai post-test memperoleh rata-rata nilai lebih tinggi yaitu 79,5% dibandingkan rata-rata hasil belajar sebelumnya sejumlah 72,5%. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media Multimedia Interaktif pada mata pelajaran desain grafis.
ABSTRACT
The purpose of this research is to develop media by utilizing technological advances so that it becomes an interesting medium and can improve student learning outcomes for the better. Interactive Multimedia is a learning media developed by researchers in the form of media for PC / Computers. This interactive multimedia contains learning material specifically the functions and elements of color in the basic subjects of graphic design. The interactive multimedia features contain basic competencies, material, videos and practice questions. This interactive Multimedia Media takes the form of applications that can be used using a PC / Computer both at school and at home of each student.
Validation from media experts showed a percentage of 87.17%. So that the media in the category is very feasible to use. For the questionnaire responses, the use of interactive multimedia obtained a percentage of 75.33% to be given to students. Researchers conducted research at SMK Negeri 1 Mojokerto in the Department of Computer and Network Engineering consisting of 34 students. The students worked on the pre-test which was shared with the start of learning and the post-test after learning was finished to obtain and know the learning outcomes of this study.
After using interactive multimedia media the results obtained are an increase in student grades. From the post-test scores the average score was higher at 79.5% compared to the average previous learning outcomes of 72.5%. So it can be concluded that there are differences in student learning outcomes using Interactive Multimedia media in graphic design subjects.
Keywords: Interactive Multimedi, Graphic Design, Learning Outcomes, Student Responses.