PENERAPAN MODUL IPA BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP
SCIENCE-BASED ETHNOSCIENCE MODULE TO IMPROVE SCIENCE LITERACY SKILLS IN JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan nilai literasi sains siswa, dan respons siswa terhadap pembelajaran dengan menerapkan modul IPA berbasis etnosains materi tanah dan keberlangsungan kehidupan di SMP Negeri 1 Dukun. Jenis penelitian ini menggunakaan metode eksperimen dengan desain penelitian True eksperiment al dengan menggunakan rancangan penelitian Pretest Posttest Control Group design. Penelitian ini diujicobakan terhadap siswa kelas IX-C SMP Negeri 1 Dukun, Kabupaten Gresik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes literasi sains siswa dan lembar angket respons. Analisis yang digunakan adalah analisis keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh pengamat, analisis tes literasi sains meliputi soal literasi sains berupa pretest, posttest dan N-Gain, dan analisis respon siwa terkait pembelajaran dengan menerapkan modul IPA berbasis etnosains materi tanah dan keberlangsungan kehidupan. Hasil dari penelitian dengan menerapkan modul IPA berbasis Etnosains dinyatakan bahwasanya keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan baik pada kelas manipulasi maupun kelas kontrol terbilang sangat bagus, Nilai kemampuan literasi sains siswa naik, ditinjau dari perhitungan N-Gain diperoleh hasil 0,66 yang termasuk kategori sedang pada kelas manipulasi dan N-Gain 0,50 pada kelas kontrol, serta hasil uji T-Dependen dengan nilai taraf signifikasi 2-Tailed sebesar .001. Pada hasil respon siswa didapatkan modul IPA berbasis etnosains materi tanah dan keberlangsungan kehidupan di salah satu SMP Negeri di Jawa timur sangat baik dengan rata-rata jawaban iya sebesar 85,52%.
Kata Kunci : Keterlaksanaan Pembelajaran, Literasi sains, Modul IPA berbasis etnosains, Penerapan modul IPA
ABSTRACT
This Study aim to describe the implementation of learning, increasing the value of student ‘science literacy, and srudent’s responses to learning using the Science module based on Etnoscience and Sustainahilityof life in SMPN 1 Dukun. This type of research uses Experimental method with true eksperimental research design using pretest and posttest control group design. This research was tested on the students of class IX-C SMPN 1 Dukun, Gresik. Instrument used in this research include instructional learning sheet, Science literacy student test sheet and response questionnaire sheet.The analysis used in the analysis of the feasibility of the study conducted by the observer, the analysis of scientific litracy test covering the question of scientific literacy in the form of pretest, posttest and N-Gain, and analysis of student responses related to learning using science modules based on ethnic of soil material and sustainahility of life. The result of the research using the ethnoscience-based science module stated that the implementation of learning carried out both the in the manipulation and control class are quite good, the value of the student scientific literacy ability was rose, in term of the calculation of N-Gain obtained 0,66 result included in the moderate category in the manipulation class and N-Gain 0,50 in the control class, and the acceptance of the researcher hypothesis through the independent T-Test with a 2-tailed significance level of .002. on the result of student responses, it was found that the science module based on ethnic of soil material and sustainahility of life in one of junior high school at east java were very good with an average answer at 85.52%.
Keywords: implementation of learning, science literacy, science modules based on ethnoscience, learning using science modules