Mata pelajaran Akuntansi Dasar merupakan dasar dari ilmu Akuntansi yang wajib ditempuh bagi siswa SMK Akuntansi. Namun, terdapat kesenjangan yang terjadi dikarenakan materi perusahaan dagang bersifat teori sehingga siswa cenderung lupa. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka diperlukan media game edukasi berbasis android yang cocok untuk mengatasi kesenjangan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Diperlukannya pengembangan media game edukasi yang layak untuk materi perusahaan dagang mata pelajaran akuntansi dasar kelas X SMK Mahardhika Surabaya (2) Diperlukannya pengembangan media game edukasi yang efektif untuk materi perusahaan dagang mata pelajaran Akuntansi Dasar kelas X SMK Mahardhika. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE Branch. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, Angket dan tes. Wawancara digunakan untuk menguji kelayakan dengan ahli materi dan media, tes digunakan untuk menguji keefektifan media berdasarkan Uji-t dan angket sebagai pengukur tingkat kelayakan media yang diberikan kepada siswa. Teknik Analisis Data wawancara dan angket dengan menggunakan rumus presentase, dan tes menggunakan rumus uji-t. Hasil analisis uji-t pertama dengan pre-test dua kelas didapatkan hasil thitung =0,053 < ttabel=2,048 dan uji-t kedua dengan post-test didapatkan hasil thitung =4,5455> ttabel=2,048. Dapat disimpulkan bahwa media game edukasi yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Pengembangan, media, game edukasi, Perusahaan dagang
Basic Accounting subject are the basic of accounting science that must be taken for accounting vocational students. But, there are gaps that occur because trading company material is theoretical so students tend to forget. Based on the analysis carried out, it is needed an android-based educational game media that is suitable to overcome this gap. The purpose of this study is (1) the need for developing appropriate educational game media for the material of trading companies basic accounting subject in class X of SMK Mahardhika Surabaya (2) the need for development of effective educational game media for the material of trading companies basic accounting subjects in class X of SMK Mahardhika Surabaya. The development model used is ADDIE Branch. Methods of data collection using structured interviews, questionnaires and test. Interviews were used to test feasibility with material and media expert. The test is used to test the effectiveness of the media based on the t-test and as a measure feasibility given to students. Interview data analysis techniques and questionnaires using the percentage formula and tests using the t-test formula. The analysis of the first t-test with the pre test two classes shows that tcount =0,053 < ttable=2,048 and the second t-test with post-test shows that the result of tcount=4,5455 >ttabel= 2,048. It can be concluded that the educational media game developed was declared feasible and effective to be used in the learning process.
Keywords:Development, media, educational games, trading company.