Pengaruh Video Instagram terhadap Keterampilan Berbicara Siswa dalam Memberikan Pendapat
The Effect of Instagram Video on Students' Speaking Skill in Giving Opinion
Perkembangan teknologi di bidang pendidikan telah membawa perubahan yang signifikan, khususnya dalam bidang pembelajaran bahasa Inggris di pendidikan yang lebih tinggi. Instagram bisa menjadi salah satu instrumen alternatif untuk mendukung praktik pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL) kepada siswa sekolah menengah. Implementasi Instagram, yang telah mengumpulkan basis pengguna yang besar selama dekade terakhir, bisa menjadi alat pengajaran yang berharga untuk membantu proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah penggunaan video Instagram sebagai media pembelajaran dapat membantu siswa SMA ESL meningkatkan keterampilan berbicara mereka. Subyek penelitian ini terdiri dari 49 siswa SMA yang menerapkan Kurikulum Cambridge. Penelitian eksperimen semu telah digunakan dalam penelitian ini. Nilai pre-test dan post-test diperoleh dengan mewajibkan siswa untuk membuat dan mempraktekkan monolog lisan memberikan pendapat di kelas. Kemudian, data pre-test dan post-test dianalisis dengan rumus independent sample t-test. Berdasarkan hasil pengujian, nilai signifikansi (2-tailed) post-test adalah .000 lebih rendah dari .05. Selain itu, peneliti menemukan bahwa nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen adalah 89,92 sedangkan kelompok kontrol adalah 82,71. Singkatnya, ada perbedaan yang signifikan dalam penggunaan video Instagram pada keterampilan berbicara siswa SMA. Cohen's d digunakan untuk menentukan besarnya efek yang diciptakan oleh penelitian ini, dan itu adalah 2.6. Hal ini dapat dinyatakan bahwa efeknya signifikan. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan video Instagram sebagai alat pembelajaran keterampilan berbicara dapat bermanfaat untuk siswa sekolah menengah atas.
Technology growth in the field of education has resulted in significant changes, particularly in the field of English learning in higher education. Instagram could be one of the alternative instruments for supporting the practice of teaching high school students English as Foreign Language (EFL). Instagram's implementation, which has amassed a large user base over the last decade, could be a valuable teaching tool to aid the learning process. The purpose of this research is to see if using Instagram video as a learning media can help ESL high school students enhance their speaking skills. The subjects of this study consisted of 49 high school students who applied the Cambridge Curriculum. A quasi experimental research has been used in this study. The pre-test and post-test score were obtained by requiring the students to make and practice an oral monologue giving opinion in the class. Then, the pre-test and post-test data was analyzed by the Independent Sample T-test. Based on the test results, significance value (2-tailed) of post-test was .000 lower than .05. Moreover, the researcher found that the post-test mean score of experimental group was 89.92 while the control group was 82.71. In short, there was a significant difference in the use of Instagram video on senior high school students’ speaking skill. Cohen's d was used to determine the magnitude of the effects created by this study, and it was 2.6. It was discovered that the effects were significant. Thus, the findings suggest that using Instagram video as speaking learning tool for senior high school students could be beneficial.