Setiap anak pastinya memiliki karakter yang berbeda-beda terlebih lagi pada anak jalanan, pengembangan karakter diperlukan guna perbaikan kualitas hidup yang ke arah yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) peran pembimbing sosial dalam mengembangkan karakter anak jalanan, (2) faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksanaan pengembangan karakter anak jalanan di komunitas save street child Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian melalui reduksi data, display data, verifikasi data dan simpulan. Setelah itu data diuji keabsahannya dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan pembimbing sosial melalui proses pembimbingan, pemotivasian, dan evaluasi dijalankan dengan baik, terbukti ketika pembimbing sosial membantu anak dalam memecahkan kesulitan belajar, menasehati dan memberikan games untuk meningkatkan semangat belajar serta memberikan tes lisan dan tertulis sehingga dapat mengembangkan karakter anak. Faktor pendukung dalam penelitian ini adanya dukungan yang diberikan oleh pemerintah kota berupa izin menyelenggarakan kegiatan. Faktor penghambatnya dikarenakan kurangnya volunteer dan pembimbing sosial dalam menjalankan program.
Every child has a different character especially street children, character development was needed to improve quality of life in a better direction This study aims to describe and analyze (1) the role of social mentors in developing the character of street children, (2) inhibiting factors and supporting factors for the implementation of street children's character development in the community to save street children in Surabaya.
This research uses qualitative approach. Data collection uses participant observation, in depth interview, and documentation techniques. Data analysis in research through data reduction, data display, data verification and conclusions. After that the data is tested for validity with credibility, transferability, dependability, and confirmability.
The results showed that the role of social mentors through the process of coaching, motivating, and evaluating was carried out well, as evidenced when the social mentors helped children to solving difficulties learning, advised, and provided games to improve learning enthusiasm and provide oral and written test so as develop children characters.The supporting factors in this study cause the support provided by the city government in the form of permission to conduct activities. The inhibiting factors such as lack of volunteers and social mentors in running the program.