ABSTRAK
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, SELF CONFIDENCE ,
DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X AKUNTANSI
SMK NEGERI 4 SURABAYA
Nama : Luthfi Rosyida
NIM :
20080304020
Program
Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Akuntansi
Fakulas : Ekonomika dan Bisnis
Nama
Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Moh. Danang Bahtiar, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini
bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, self
confidence , dan literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 4
Surabaya yang berjumlah 106 siswa. Sampel yang digunakan adalah 84 siswa yang
dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Metode dalam penelitian ini
adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori.
Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh negatif dan signtifikan
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, self confidence berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, serta literasi digital
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis
siswa. Oleh karena hal tersebut, maka diharapkan agar seluruh siswa dan tenaga
pendidik menyadari akan pentingnya faktor tersebut dan dapat mengarahkan siswa
agar mampu berpikir kritis lebih didalam pembelajaran.
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Kecerdasan Emosional,
Self Confidence , Literasi Digital