Respon Konsumen Terhadap Wire Jewelry Pada Bros Dengan Bahan Kawat Aluminium
Consumer Response To Wire Jewelry In Broch With Aluminium Material
Bros wire jewelry merupakan salah satu perhiasan kerajinan tangan untuk menarik respon konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon konsumen terhadap wire jewelry pada bros ditinjau dari aspek warna, bentuk dan ukuran. Jenis penelitian ini adalah uji penerimaan konsumen atau preference test menggunakan uji hedonik. Data diperoleh dengan menggunakan e-kueisioner berbentuk google form yang dibagikan ke media sosial khususnya mahasiswa jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga, fakultas teknik, Universitas Negeri Surabaya sebanyak 125 orang dan sampel yang terkumpul sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengukur respon konsumen terhadap wire jewelry pada bros menggunkan mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen merespon suka pada bros wire jewelry dengan mean tertinggi untuk aspek warna yaitu desain F dengan mean 4,24, aspek bentuk pada desain F dengan mean 4,24 dan aspek ukuran yaitu pada desain F dengan mean 4,19
Kata Kunci : Wire Jewelry, Respon Konsumen, Bros.
Brooch wire jewelry is one of the handicraft to jewelry to attract consumer response. The purpose of this study is to understand the consumer response of brooch wire jewelry in terms of color, shape, and size. The type of this study is the preference test using hedonic test. The data was collected by using e-questionnaire of google form were collected on sosial media a much 125 people and sample collected that 100 peopel. Analyzed data which used to measure consumer response of brooch wire jewelry by using its mean score. The result of this study show consumer response of brooch wire jewelry with highest mean for color aspect F design with a mean of 4.24, shape aspect F design with the mean 4.24 and size aspect F design 4.19.Keywords : Wire Jewelry ,Consumer Response, Brooch